Kemenhub Luncurkan Aplikasi SIMKPLP

Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (SIMKPLP) di Jakarta, Rabu (30/11/2022). (dok. hubla.dephub.go.id)

Pemerintahan saat ini berkembang terus menuju arah digitalisasi dimana pelayanan publik merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah yang penyelenggaraannya bersifat wajib dan harus dipenuhi oleh seluruh instansi.

Pelayanan publik yang berkualitas dapat ditandai dengan adanya pelayanan yang baik, cepat, tepat, efektif dan efisien melalui peningkatkan mutu Pelayanan Publik, yaitu dengan memanfaatkan Sistem teknologi, informasi dan komunikasi yang ada, agar terwujudnya sistem pelayanan yang berkulitas serta terwujudnya Good Governance.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (SIMKPLP) dalam upaya memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha, fungsinya adalah sebagai media informasi dan komunikasi terkait pelayanan perizinan, pelaporan dan database yang menjadi tugas pokok dan fungsi dari Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

“Dengan peluncuran aplikasi ini, saya meyakini penerapan SIMKPLP dapat mempermudah kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat mengakses pelayanan publik yang telah disediakan,” ujarnya pada acara peluncuran SIM KPLP di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Arif mengatakan, Good Governance dapat terwujud apabila adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah dengan peran serta partisipasi masyarakat serta sumber daya manusia yang ada dimana pada era digital saat ini dituntut untuk berproses serba cepat dan tepat dengan menggunakan perangkat teknologi.

Baca juga :   PPKM Jabodetabek Berubah Lagi Ke Level 1

“Aplikasi SIMKPLP diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan pelayanan publik yang ada, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi birokrasi, serta akan berkorelasi dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Arif, ini sekaligus dapat sebagai media koordinasi antara Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan Direktorat KPLP, sehingga penilaian kinerja yang baik dari UPT dapat terlihat sehingga nantinya dapat diberikan penghargaan untuk lebih mendorong dan meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa.

Pada dasarnya, SIM sangat membantu dan memudahkan pelaku usaha melakukan permohonan perizinan, pelaporan dan tata kelola data secara daring atau online, tracking sistem perizinan, mengakses informasi seputar perizinan, jenis izin dan persyaratan perizinan, mengecek status perizinan, melakukan cetak dokumen perizinan secara mandiri dan lain-lain.

Terakhir, Arif mengatakan bahwa pelaksanaan Launching dan Sosialisasi Aplikasi SIMKPLP ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada para pelaku usaha dan UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam hal mempermudah pengurusan berbagai perizinan usaha.

Baca juga :   Kemenparekraf Dukung Kota Solo Masuk "UNESCO Creative Cities Network" Tahun 2023

“Selain itu juga diharapkan dapat menyediakan fasilitas yang tepat kepada pelaku usaha dalam melakukan pelaporan, memberikan fasilitas terhadap para pelaku usaha untuk memperoleh izin secara aman, cepat dan real time,” ungkapnya.

Selain itu, memberikan kepastian hukum dalam berusaha, meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha serta mewujudkan penyelenggaraan perizinan berusaha yang cepat, mudah, terintegrasi, transparan, efisien, efektif, dan akuntabel.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Capt. Mugen S. Sartoto dalam laporannya menyatakan, adapun tujuan pelaksanaan kegiatan launching dan sosialisasi SIM KPLP, yaitu dalam rangka untuk mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Dia menjelaskan, tuntutan layanan dari pengguna jasa kepada instansi Pemerintah khususnya Direktorat KPLP menuntut layanan yang semakin cepat, mudah dan murah.

“Peluncuran SIM KPLP ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan yang prima, cepat dan akuntabel serta untuk memudahkan fungsi monitoring dan evaluasi terhadap UPT di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut,” kata Capt. Mugen. B

 

 

 

Komentar