INACA Kerja Sama dengan Rajamice dan Bank BNI Selenggarakan Indonesia Travel Fair 2023

Para wisatawan baru tiba di Pulau Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. (dok. kemenparekraf.go.id).

Indonesia National Air Carriers Association (INACA) yang merupakan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia bekerja sama dengan RajaMICE dan Bank BNI sebagai bank partner, serta ASEAN Tourism Association (ASEANTA).

Kerja sama tersebut, seperti dikutip dari situs inaca.or.id dalam rangka menyelenggarakan Indonesia Travel Fair (ITF) ke-20 pada 17-19 Februari 2023 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Sebagaimana diketahui, RajaMICE merupakan event organizer yang sudah berpengalaman menyelenggarakan travel fair di Indonesia, sedangkan Bank BNI merupakan bank BUMN terkemuka yang selama ini banyak mendukung program travel fair nasional.

Terkait dengan hal tersebut, pada Rabu, 11 Januari 2023 dilakukan peluncuran ITF ke-20 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekra/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Menparekraf menyatakan dukungannya terhadap ajang ITF yang diinisiasi INACA tersebut, karena acara tersebut dapat membantu program Kemenparekraf dalam memenuhi target pariwisata nasional.

“Pada tahun 2022, kita mendapatkan sukses yang sangat besar berkat dukungan semua stakeholder. Kita harapkan dengan adanya event ini akan semakin mendorong mobilitas pariwisata nusantara maupun luar negeri,” ujarnya.

Sandiaga juga menjelaskan, mobilitas masyarakat akan dapat meningkatkan perekonomian dan membantu menumbuhkan UMKM.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan partisipasi dan kolaborasi dengan semua stakeholder pariwisata, sehingga dapat fokus dalam mengembangkan pariwisata nasional.

Baca juga :   Kemenparekraf Ajak Generasi Muda Manfaatkan Peluang Sektor Ekraf

Menurut Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja, acara ITF ini juga merupakan dukungan INACA terhadap program pemerintah, yaitu Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) untuk mencapai target 1,2 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun 2023.

Selain itu, juga untuk mendukung Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 dalam mempromosikan pariwisata di wilayah ASEAN.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan arahan mengajak masyarakat Indonesia untuk berwisata di dalam negeri.

Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan peresmian program BBWI oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan pada 13 Desember 2022.

“ITF kali ini akan diikuti oleh maskapai penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal dari Indonesia serta maskapai dari regional ASEAN, bekerjasama dengan ASEAN Tourism Association (ASEANTA),” ungkap Denon.

Dia menambahkan, ada spesial dari travel fair kali iniyaituikut sertanya maskapai penerbangan tidak berjadwal terkemuka di tanah air.

Maskapai-maskapai tersebut nantinya akan menawarkan tiket dengan harga khusus untuk penerbangan tidak berjadwal, baik bagi korporasi maupun bagi perorangan dengan menggunakan pesawat terbang sayap tetap maupun rotary wing (helikopter).

Mengingat travel fair kali ini dikerjasamakan oleh INACA, Denon juga menyatakan bahwa maskapai penerbangan anggota INACA akan memberikan harga tiket khusus yang lebih baik kepada pengunjung dibanding travel fair lainnya.

Baca juga :   Kemenparekraf dan ICCN Bahas Ekraf sebagai Penggerak Pariwisata

Denon berharap, seiring dengan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah Indonesia pada akhir 2022, masyarakat akan memanfaatkan Indonesia Travel Fair 2023 ini untuk melakukan perjalanan dan berwisata dengan pesawat udara sehingga dapat membantu menggairahkan pertumbuhan perekonomian nasional.

Sementara itu, Ketua ASEANTA Eddy Krismeidy optimis bahwa travel fair ini akan sukses dan dapat menjadi awal bagi penyelenggaraan travel fair yang lebih besar untuk kawasan ASEAN.

“Kawasan ASEAN terutama Indonesia mempunyai potensi pariwisata besar yang dapat kita jual ke masyarakat dunia. Dengan dukungan transportasi udara yang bagus, kami berharap pariwisata Indonesia dan ASEAN dapat lebih meningkat lagi,” tuturnya.

Semua maskapai peserta ITF nantinya akan menawarkan harga tiket penerbangan yang terbaik bagi para pengunjung. Juga akan ada gimmick berupa merchandiselucky drawdoorprize hingga tiket gratis bagi para pengunjung yang akan diberikan pada acara-acara tertentu, seperti pada saat talkshow di sela-sela acara travel fair.

Sebagai informasi, ITF merupakan tahap akhir dari rangkaian kegiatan INACA Festival tahun 2022. B

Komentar