Kemenparekraf Ajak Wisatawan Nonton dan Meriahkan Ajang WSBK 2023 di Mandalika

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Indonesian Round 2023.

Selain itu, juga mengajak masyarakat dan wisatawan untuk kembali menonton, serta memeriahkan ajang balap motor internasional itu.

Menterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan kehadiran masyarakat dan wisatawan itu dapat memberikan dampak yang luas bagi kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja, khususnya di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika.

“Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa menyambut penyelenggaraan World Superbike 2023 yang akan berlangsung pada 3 hingga 5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat,” katanya di acara peluncuran WSBK 2023 di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Pada penyelenggaraan musim 2022, jumlah penonton yang menyaksikan langsung di Sirkuit Mandalika berhasil menembus rekor tertinggi dalam sejarah penyelenggaraan World Superbike di berbagai negara.

Jumlah penonton mencapai 51.629 penonton, sehingga memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga :   Kemenparekraf Dukung Kota Solo Masuk "UNESCO Creative Cities Network" Tahun 2023

Tingkat okupansi hotel meningkat rata-rata hampir mencapai 100% dan menyerap 6.900 tenaga kerja. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Tengah juga meningkat hingga mencapai Rp300 miliar.

“Produk-produk ekonomi kreatif kita juga meningkat, sehingga juga mendongkrak peningkatan citra pariwisata Indonesia. Jadi saya titip agar booth UMKM kita kembali dihadirkan. Festival kuliner, musik, juga dihadirkan karena aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok dan NTB sangat terbantu dengan WSBK,” jelas Sandiaga.

Pada kesempatan itu, Menparekraf juga mengajak PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika untuk meningkatkan investasi di segi infrastruktur dan akomodasi.

“Dengan event yang terus bergulir apalagi tadi cerita mengenai Formula 2 dan ada beberapa kegiatan lomba balap mobil, ini juga akan meningkat kebutuhan jumlah hotel di sana selain jumlah homestay yang sudah lebih dari 1.000 unit yang dibangun pemerintah dan mitra,” ujar Sandiaga.

Menurut Menparekraf, target 4,4 juta lapangan kerja baru tercipta di tahun 2024 dan berharap WSBK membawa kebangkitan ekonomi dan lapangan kerja serta kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca juga :   Kaum Perempuan Harus Tingkatkan Perannya di Sektor Parekraf

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka menyatakan, balapan WSBK 2022 yang sukses digelar di Sirkuit Mandalika November lalu telah membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah event internasional.

“Jumlah penonton yang menyentuh lebih dari 50.000 orang pada WSBK 2022 menunjukkan antusiasme publik pada gelaran dunia ini dan kepercayaan terhadap keamanan, kenyamanan, serta sarana dan prasarana di sekitar Pertamina Mandalika International Circuit,” tuturnya.

Oleh karena itu, ITDC dan MGPA siap untuk kembali menyelenggarakan WSBK ketiga kalinya 3-5 Maret 2023 dan siap menunjukkan kemampuan Indonesia sebagai tuan rumah event kelas dunia WSBK, yang kali ini dalam membuka musim baru.

Peluncuran WSBK 2023 sekaligus ditandai dengan dimulainya penjualan tiket menonton WSBK 2023.

“Penjualan diskon early bird 75% berlaku untuk seluruh kategori tiket, bagi masyarakat yang ingin menonton event WSBK dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi Xplorin, Loket.com, Tiket.com, dan MyTours sebelum kehabisan,” ujar Direktur Utama MGPA Priandhi Satria. B

Komentar