GM The Vasini Smart Boutique Hotel Suka Challenge

General Manager (GM) The Vasini Smart Boutique Hotel Pande Ketut Suartaya. (dok. pribadi)

Selama 25 tahun berkarir di bidang perhotelan, berpindah dari hotel ke hotel, dari satu kota ke kota yang lain, bahkan dari satu negara ke negara yang lain.

Pande Ketut Suartaya yang kini tengah menempuh program S2 Politeknik Negeri Bali jurusan Magister Terapan Pariwisata ini mengatakan, tidak hanya hal itu, dia memulai karir dari entry level, department head, corporate officer hingga ke jabatan General Manager (GM).

“Pengalaman ini telah memberi saya kekuatan manajerial, terutama dalam bisnis perhotelan dan yang paling saya sukai di bisnis ini adalah challenge,” kata pria kelahiran Gianyar, 19 Desember 1974 ini.

Bagi bapak dua orang anak ini, banyak challenge di bisnis perhotelan, tidak hanya mengenai pemasaran layanan hotel, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga pengawasan lingkungan sekitar hotel dan masih banyak lagi.

Baca juga :   Kabandara Haji Asan Sampit Tetap Terus Amanah

Maka dari itu, tesis di program magisternya tak jauh-jauh dari perhotelan, yakni dengan judul Implementasi Blue Ocean Strategy Dalam Upaya Meningkatkan Keberlanjutan Ekonomi Bisnis di The Vasini Smart Boutique Hotel.

Dalam perjalanan karirnya, mengenal dunia perhotelan dimulainya sejak Agustus 1995, saat menjadi Room Attendant di Sedona Hotel Bintan Lagoon, Riau.

Kemudian, Ketua Bidang Acara dan Kegiatan Indonesian General Manager Association (IHGMA) Bali ini menjadi Reservasionis di hotel yang sama dan sebagai Tour Coordinator di Bintan Lagoon & Beach Resort, Riau pada Desember 1999.

Jabatan Resident Manager di The Magani Hotel & Spa juga pernah dijalani pemegang Certified Hotel Administrator (CHA) dari Association Hotel and Lodging Education Institute (AHLEI) tahun 2019 ini.

Baca juga :   I Gusti Agung Ayu Mas Oka Sebagai Srikandi Poltekbang Palembang

Demikian juga sebagai Corporate Operation Manager di Pertiwi Hotel Ubud pada Januari 2014.

Sekarang, lulusan Fakultas Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIMI) Denpasar ini menjabat sebagai GM The Vasini Hotel November sejak tahun 2017. B

 

 

Komentar