DJKA Alihkan Sisa Tiket Motis untuk Tiket Penumpang Umum

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan membuka peluang bagi masyarakat umum yang tidak terdaftar program Angkutan Motor Gratis (MOTIS) untuk membeli tiket penumpang yang dialokasikan secara khusus pada program tersebut.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhonodi Jakarta pada Kamis (13/4/2023).

Djarot menjelaskan, besarnya antusiasme masyarakat yang masih mencari tiket kereta api untuk mudik mendorong DJKA untuk membuka kuota penumpang pada program MOTIS agar dapat diakses oleh lebih banyak masyarakat yang masih membutuhkan tiket kereta api untuk mudik.

“Saat ini, tiket penumpang untuk program MOTIS sudah dapat diakses oleh masyarakat pada aplikasi penjualan tiket kereta api yang disediakan oleh operator dan akan terus kami update secara berkala menyesuaikan ketersediaan tiket yang masih tersisa,” jelasnya.

Adapun kuota tiket penumpang yang telah disediakan oleh DJKA untuk program MOTIS tahun 2023 adalah sebanyak 46.720 tiket penumpang.

Baca juga :   Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Bagi Kapal Penumpang yang Angkut Peti Kemas

Sementara itu, kuota motor yang disediakan dalam program MOTIS mencapai 10.440 kuota motor.

Per 13 April 2023, kuota tiket penumpang yang sudah terpakai untuk program MOTIS mencapai 9.208 tiket dan kuota motor yang terpakai sudah mencapai 6.330 unit.

“Supaya kuota tiket penumpang MOTIS dapat seluruhnya dimanfaatkan oleh penumpang, kami memutuskan untuk menyediakan tiket yang tersisa agar dapat dijual oleh operator kepada masyarakat,” ungkap Djarot.

Dia menambahkan, tiket penumpang khusus program MOTIS ini dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga yang sangat murah, mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000 saja.

“Tiket penumpang MOTIS ini merupakan tiket yang mendapat dukungan subsidi passenger service obligation (PSO) dari DJKA, sehingga dapat dibeli dengan harga yang sangat murah dan jauh dari harga tiket kereta api pada umumnya,” katanya.

Baca juga :   Pelayaran Perdana Kapal Tol Laut Km Logistik Nusantara 4 Di Pelabuhan Patimban

Agar dapat membeli tiket dengan harga murah tersebut, Djarot menghimbau agar masyarakat secara berkala mengecek aplikasi penjualan tiket yang disediakan oleh operator.

Sebab, tiket mudik/balik baru akan tersedia di aplikasi pada tanggal yang sama dengan tanggal keberangkatan mulai pukul 00.00 WIB.

Sementara untuk tiket contra flow akan tersedia di aplikasi pada H-1 dari tanggal keberangkatan mulai pukul 00.00 WIB.

Mengingat besarnya animo masyarakat terkait tiket mudik ini, Djarot menegaskan bahwa tiket penumpang MOTIS yang dibuka untuk umum terbatas kepada lintas-lintas yang masih tersedia.

“Semoga dengan dibukanya tiket penumpang MOTIS untuk umum, dapat mendorong masyarakat agar melakukan perjalanan mudik menggunakan kereta api dan mengurangi kemacetan di jalan raya,” tutur Djarot. B

Komentar