Delegasi G20 Ministrial Meeting Terkesan Penyambutan di Bandara HAS Hanandjoeddin

Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Belitung menyambut kedatangan lebih dari 150 orang peserta The G20 Ministrial Meeting dalam rangka Presidensi G20. (dok. angkasapura2.co.id)
Bagikan

PT Angkasa Pura II (AP II) dan Pemerintah Kabupaten Belitung mempersiapkan Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Belitung untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Bandara yang terletak di salah satu pulau terindah di Indonesia menyambut kedatangan lebih dari 150 orang peserta G20 pada 5-8 September 2022 untuk menghadiri The G20 Ministrial Meeting.

Vice President of Corporate Communications AP II Akbar Putra Mardhika menjelaskan, peserta The G20 Ministrial Meeting tiba secara berkala di Bandara HAS Hanandjoeddin mulai 5 September 2022.

“Para delegasi dan peserta kegiatan The G20 Ministrial Meeting di Belitung sangat terkesan dengan penyambutan yang dilakukan sejak mereka tiba di Bandara HAS Hanandjoeddin,” katanya.

Di bandara, Akbar menambahkan, mereka sudah bisa mengenal Belitung melalui berbagai ornamen, kerajinan serta lukisan yang menghiasi terminal penumpang pesawat.

Setiap sudut di terminal penumpang Bandara HAS Hanandjoeddin dipercantik, mulai selasar kedatangan, area kedatangan, area baggage claim, area keberangkatan hingga area boarding lounge.

Bandara yang dulu bernama Bandara Buluh Tumbang ini menampilkan dan memperkenalkan budaya Bangka Belitung kepada para delegasi G20.

Baca juga :   KAI Turunkan Biaya Tes Rapid Antigen Di Stasiun

Beberapa kekayaan budaya Belitung yang ditampilkan untuk mempercantik Bandara HAS Hanandjoeddin ini adalah kain batik khas Belitung yang memiliki warna-warna cerah dengan ragam motif flora dan fauna di pulau ini.

“Di bandara juga ditampilkan berbagai ornamen kerajinan bambu yang banyak ditemui di Belitung dan juga ornamen daun simpor yang merupakan tumbuhan hutan khas dengan segudang manfaat bagi masyarakat setempat,” tutur Akbar.

Tidak lupa juga di selasar kedatangan penumpang menuju terminal juga didesain taman dengan bernuansa lautan dan geopark Belitung yang menunjukkan keindahan Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, di terminal penumpang juga dilengkapi dengan berbagai hasil lukisan karya seniman Belitung.

“AP II dan Pemkab Belitung juga melakukan branding G20 di Bandara HAS Hanandjoeddin sebagai publikasi kegiatan G20 di Belitung. Disiapkan juga memorable spot di bandara sebagai tempat yang akan selalu diingat para delegasi G20 bahwa mereka pernah menginjakkan kaki di salah satu pulau terindah di Indonesia,” tutur Akbar.

Baca juga :   Ganjil-Genap Jalan Nasional dan Tol Saat Nataru Berlaku Situasional

Sementara itu, Executive General Manager Bandara HAS Hanandjoeddin Khaerul Asidiqi mengungkapkan, seluruh fasilitas sisi udara (air side) juga berfungsi dengan baik, sehingga penerbangan para delegasi G20 lancar.

“AP II bersama seluruh stakeholder, termasuk maskapai dan ground handling menyiapkan simulasi operasional dalam menyambut penerbangan VIP dan reguler seluruh delegasi G20 yang akan mengikuti kegiatan di Belitung,” ungkapnya.

Slot time di bandara dipastikan tersedia untuk penerbangan para delegasi dan disiapkan juga helikopter medical evacuation selama kegiatan G20 berlangsung sebagai langkah antisipasi apabila diperlukan penanganan medis segera.

Lebih lanjut, Khaerul menyatakan, penanganan bagasi oleh pihak ground handling juga dipastikan sesuai standar yang ditetapkan.

AP II juga berkolaborasi dengan Bea Cukai, Karantina dan Imigrasi, sehingga penerbangan langsung internasional dari dan ke Bandara HAS Hanandjoeddin dapat dilakukan dengan lancar. B

Komentar

Bagikan