Citilink Resmi Terbang dari Tasikmalaya ke Jakarta Mulai Oktober 2023

Pesawat maskapai penerbangan Citilink. (dok. bandara)

Akhirnya Oktober 2023 akan ada penerbangan maskapai Citilink dari Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya pada Senin 18 September 2023 secara resmi telah melakukan pendantanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak perusahaan penerbangan Citilink di Tanggerang, Banten.

Alhamdulillah, kita telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan Citilink. Mudah-mudahan ini bisa membawa angin segar bagi pertumbuhan perekonomian di Kota Tasikmalaya,” ujar Penjabat (Pj) Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim, Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana, serta sejumlah perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.

Dengan dibukanya rute penerbangan dari Bandara Wiriadinata ke Bandara Halim Perdanakusuma, Cheka optimistis potensi-potensi perkenomian yang dimiliki Kota Tasikmalaya akan menggeliat.

Baca juga :   Kemenhub Apresiasi Kinerja Maskapai Penerbangan Nasional

Seiring dengan meningkatnya konektivitas di Kota Tasikmalaya, keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan berbagai produk unggulan tentu akan lebih mudah untuk dipasarkan dan dijangkau oleh dunia luar.

“Lebih jauh lagi dengan kemudahan akses transportasi ini akan berdampak positif bagi sektor ekonomi lainnya dan semakin menegaskan Kota Tasikmalaya sebagai kota perdagangan dan jasa,” jelas Cheka.

Dia menambahkan, kemudahan akses dan peningkatan konektivitas yang terbangun dari aktivasi Bandara Wiriadinata akan memberikan kemudahan terhadap jasa pelayanan transportasi.

“Secara tidak langsung akan menumbuhkan simpul-simpul perekonomian di Kota Tasikmalaya yang berjuluk Sang Mutiara dari Priangan Timur,” katanya.

Penerbangan Tasikmalaya – Jakarta akan dilayani pesawat model ATR 72-600 yang memiliki 70 seat penumpang dan kapasitas cargo yang cukup besar.

Baca juga :   SGi Air Bali Jadi Petualangan Mewah Bermerek Baru

Dalam akun resmi Bapelitbangda Kota Tasikmalaya disebutkan, penerbangan rute tersebut akan dimulai pada 2 Oktober 2023 sebanyak dua kali dalam seminggu, yakni Senin dan Sabtu.

Adapun jadwal keberangkatan dari Halim Perdana Kusumah Jakarta ke Bandara Wiriadinata pada pukul 13.45 WIB dan dari Tasikmalaya ke Jakarta pukul 15.05 WIB, dengan harga tiket mulai Rp899.000.

Sekedar informasi, pada 1 Juli 2017 maskapai penerbangan Wings Air melakukan penerbangan perdana dari Bandara Wiriadinata ke Halim Perdanakusuma.

Namun, penerbangan reguler Wings Air tersebut hanya memakan waktu 45 menit dengan pesawat ATR 72-500/600 dan kapasitas 70 seat itu, terhenti pada tahun 2019, karena pandemi Covid-19. B

Komentar