Bandara Soekarno-Hatta Tambah Lokasi Tes RT-PCR Bagi PPLN

Lokasi atau titik pengambilan sampel tes RT-PCR di Bandara Soekarno-Hatta. (Istimewa)

Jumlah Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta terus mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir, sehingga stakeholders melakukan penambahan lokasi/titik pengambilan sampel tes RT-PCR agar protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik dan proses kedatangan internasional berjalan lancar.

PPLN yang baru tiba di Indonesia wajib menjalani tes RT-PCR di pintu masuk kedatangan (entry point) sesuai dengan Surat Edaran Satuan Tugas (SE Satgas) Nomor 15/2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) Nomor 33/2022.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, stakeholder Bandara Soekarno-Hatta menyepakati bahwa mulai 28 Maret 2022, lokasi tes RT-PCR bagi PPLN ditambah di curbside (selasar) di area kedatangan internasional Terminal 3 setelah melalui area Imigrasi dan Bea Cukai.

Keberadaan lokasi tes RT-PCR di curbside Terminal 3 ini guna mendukung lokasi tes RT-PCR yang berada di dalam area kedatangan internasional Terminal 3.

Baca juga :   Menhub Beri Apresiasi Kinerja AirNav Indonesia

Adapun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mempersiapkan area tes RT-PCR di curbside ini dengan baik.

Stakeholder antara lain Angkasa Pura II dan Satgas Udara Penanganan Covid-19 telah berkoordinasi, bahwa mulai 28 Maret terdapat dua lokasi tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3,” ujarnya.

Agus menjelaskan, dengan penambahan lokasi RT-PCR di curbside, maka kami berharap proses kedatangan internasional dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN.

Khusus untuk PPLN dengan kategori Pelajar, Aparat Sipil Negara (ASN), dan Pekerja Migran Indonesia (PMI), pengambilan sampel tes RT-PCR dilakukan di Wisma Atlet atau lokasi yang ditetapkan Satgas Covid-19.

Baca juga :   Bandara Yogyakarta International Airport Jadi Instagrammable Airport

Adapun pada 27 Maret 2022, sempat terjadi antrean PPLN yang akan melakukan RT-PCR di area kedatangan internasional, disebabkan karena peningkatan PPLN yang tiba khususnya pada pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Penanganan telah dilakukan, sehingga PPLN dapat menjalani prosedur kedatangan internasional.

Agus menuturkan, selain penambahan lokasi tes RT-PCR di curbside, tenaga kesehatan untuk pengambilan sampel RT-PCR juga akan ditambah guna menghindari antrean panjang.

“Kedatangan PPLN melalui Bandara Soekarno-Hatta saat ini secara rata-rata berkisar 5.000 orang setiap harinya dan Angkasa Pura II beserta stakeholders antara lain Satgas Udara Penanganan Covid-19 dan maskapai selalu berkoordinasi untuk melakukan berbagai penyesuaian guna memastikan protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik,” tuturnya. B