Bandara Soekarno-Hatta Akan Aktifkan Kembali Terminal 1A

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dalam pengelolaan PT Angkasa Pura II (AP II). (dok. angkasapura2.co.id)
Bagikan

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang mengaktifkan kembali Terminal 1A pada awal April 2022.

Hal ini dilakukan seiring dengan makin meningkatnya jumlah penumpang pesawat menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Terminal 1A menampung sejumlah pesawat dari maskapai penerbangan Lion Air, Super Air Jet, AirAsia, hingga Airfast, yang sempat tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19.

Pada Instagram Story (Instastory) PT Angkasa Pura II (AP II) 2 April lalu disebutkan bahwa aktifnya Terminal 1 Bandara Soekarno-Hata dilakukan pada 1 April 2022.

Tak hanya maskapai penerbangan domestik, Terminal 1A juga melayani penerbangan internasional pada 2019. Maskapai yang mendarat di terminal ini selain China Airlines, Etihad juga Federal Express.

Baca juga :   Yogyakarta International Airport Perkuat Sistem Mitigasi dan Evakuasi

Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta sudah membuka kembali gerbang penerbangan internasional, sehingga pengoperasian terminal akan lebih optimal.

Selain Terminal 1A, secara bertahap bakal mengaktifkan lagi Terminal 1B. Terminal ini menampung pergerakan pesawat milik maskapai Lion Air Group, Express Air, Trans Nusa, dan Trigana Air.

Pembukaan terminal tersebut mengacu pada data pergerakan harian Bandara Soekarno-Hatta.

Tercatat, jumlah penumpang selama 15 hari terakhir terus naik, bahkan terjadi lonjakan hingga 100% setelah pemerintah menghapus ketentuan syarat tes RT-PCR dan Antigen bagi penumpang rute domestik, serta melonggarkan aturan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Berdasarkan data, total pergerakan penumpang di bandara yang dikelola AP II kini telah menembus 115.000 orang per hari, sedangkan pergerakan pesawat telah mencapai 65% dibandingkan dengan trafik harian pada tahun 2019.

Baca juga :   Bandara Sentani Jayapura Siap Sambut Peparnas XVI 2021 Papua

Untuk informasi, frekuensi normal pergerakan di bandara ini adalah antara 180.000 hingga 200.000 orang per hari.

Namun, angka pergerakan saat ini jauh lebih tinggi daripada saat masa pandemi Covid-19. Saat pemerintah membatasi perjalanan masyarakat, angka penumpang di Bandara Soekarno-Hatta hanya 60.000 per hari atau 30% dari trafik normal harian.

Melihat tren saat ini diperkirakan pergerakan penumpang akan segera pulih dan operasional bandara kembali mencapai 100% dengan aturan-aturan perjalanan yang berlaku sekarang. B

 

Komentar

Bagikan