Bandara Komodo Buka Jaringan Intra-Flores Dengan Bandara Soa Bajawa

Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. (Bandara)
Bagikan

Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tempat keberangkatan maskapai Wings Air menuju Bandara Soa Bajawa di Ngada, NTT.

Mulai 12 Mei 2022, maskapai maskapai member of Lion Air Group itu melayani penumpang wisatawan maupun pebisnis dan masyarakat lainnya di Pulau Flores.

Menurut Kabandara Komodo Hariyanto, penerbangan dari Labuan Bajo ke Bajawa ini merupakan koneksi intra-Flores, karena tingginya permintaan angkutan udara berjadwal di kedua wilayah tersebut.

Bajawa adalah kecamatan yang juga menjadi Ibu Kota Kabupaten Ngada. Kecamatan ini terletak di Pulau Flores dengan luas wilayah sekitar 137,36 km2.

Penerbangan Bajawa-Labuan Bajo-Bajawa dilayani oleh Wings Air sebanyak satu kali setiap hari atau tujuh kali dalam sepekan.

Baca juga :   Kemenhub Tindak Tegas Pelaku Penerbangan Balon Udara

“Seluruh operasional dan layanan penerbangan dijalankan menurut ketentuan yang berlaku, memenuhi aspek-aspek yang memenuhi keselamatan, keamanan sebagaimana pedoman protokol kesehatan,” katanya.

Pembukaan jaringan intra-Pulau Flores tersebut untuk mempermudah mobilisasi orang dan barang, serta mampu mempersingkat waktu tempuh dengan jalur udara sekitar 35 menit.

Jadi, Hariyanto menambahkan, mampu memperpendek jarak, sehingga wisatawan dan pebisnis, termasuk masyarakat mendapatkan nilai lebih.

Selain itu, dilayaninya rute ini akan membantu dalam membentuk jalur transportasi udara yang saling terhubung yang berdampak kemudahan untuk melanjutkan penerbangan ke kota-kota lainnya semakin luas, seperti intra-Pulau Flores, intra-NTT dan domestik.

Pembukaan rute Labuan Bajo ke Bajawa juga mendukung pemulihan dan pengembangan sektor pariwisata dalam negeri, apalagi Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia dengan ikon Komodo.

Baca juga :   Kemenhub Apresiasi Produsen Besar yang Produksi Kendaraan Listrik

Kawasan Bajawa, terkenal dengan keindahan lokasi wisata pegunungan, air terjun, kebudayaan lokal, taman laut dan lainnya.

“Dibukanya rute Bandara Komodo ke Bandara Soa Bajawa juga akan mendorong percepatan perekonomian melalui pusat perekonomian baru, seperti Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Ngada, dan menarik minat orang untuk bepergian dengan pesawat udara, karena terbang itu aman, sehat dan menyenangkan,” jelas Hariyanto. B

Komentar

Bagikan