Kemenparekraf Dorong Pelaku UMKM Kembangkan Potensi Maksimal

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melihat salah satu UMKM handycraft payung tulis dalam pelatihan bagi pelaku UMKM di Saung Rasa Desa, Tasikmalaya, Sabtu (18/6/2022). (Istimewa)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pelaku ekonomi kreatif di Tasikmalaya menggali potensi secara maksimal untuk mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja seluas-luasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pelatihan ini merupakan bentuk kemitraan Kemenparekraf dengan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan pelaku UMKM di Tasikmalaya.

“Pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan menggali potensi yang dimiliki secara maksimal, serta membantu pemasaran dari produk-produk UMKM di Tasikmalaya,” ujarnya saat pelatihan bagi pelaku UMKM Handycraft yang berlangsung di Saung Rasa Desa, Tasikmalaya, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga :   Desa Wisata Sungai Batang Akan Jadi Daya Ungkit Parekraf Agam Sumbar

Selain itu, Sandiaga menyatakan melalui kegiatan ini diharapkan pelaku UMKM di Tasikmalaya dapat memperoleh semangat dan motivasi untuk terus meningkatkan potensi yang dimiliki.

Jadi, lanjutnya, omzet yang telah ada bisa meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Tasikmalaya.

“Melalui kehadiran UMKM ini penghasilan masyarakat akan semakin membaik dan ekonomi masyarakat bisa bertahan di tengah begitu banyaknya tantangan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin mengapresiasi kehadiran Menparekraf Sandiaga untuk memberikan semangat bagi pelaku UMKM di Tasikmalaya.

“Ini menjadi penyemangat untuk kami Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk terus mendorong pelaku UMKM untuk terus berkreativitas,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam, dan Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Brigjen TNI Ario Prawiseso. B

Baca juga :   Revitalisasi Taman Nusa Bali Bangkitkan Ekonomi dan Pulihkan Lapangan Kerja