Bandara Internasional Minangkabau Dibuka Kembali Pascaerupsi Gunung Marapi

Bandara Internasional Minangkabau di Sumatra Barat. (dok. kemenhub)

Bandara Internasional Minangkabau yang berada di Provinsi Sumatra Barat kembali dibuka (Resume Normal Operational) pada Sabtu (23/12/2023) mulai pukul 22:54 UTC atau 05:54 WIB melalui Notice to Airmen (NOTAM) dengan Nomor NOTAM B2573/23 NOTAMC B2559/23.

Sebelumnya, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ini sempat ditutup, karena terdampak erupsi Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni telah menginstruksikan kepada Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang agar terus berkoordinasi secara intensif dengan stakeholders terkait dalam hal perkembangan informasi Gunung Marapi.

“Pemantauan situasi dan koordinasi intensif sangat diperlukan dalam penanganan force majeure ini, agar dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan,” ujarnya.

Baca juga :   Ditjen Hubud Apresiasi Penyerahan BMD Pengembangan Bandara Datah Dawai dari Kabupaten Mahakam Ulu

Adapun penerbangan yang terdampak akibat erupsi Gunung Marapi, Kristi menambahkan, terdiri dari 15 penerbangan, dengan rincian 12 penerbangan domestik dan tiga penerbangan internasional.

“Akibat kondisi kahar ini Penumpang telah ditawarkan pilihan untuk melakukan refund, reschedule maupun re-route sesuai ketentuan berlaku,” katanya.

Kristi juga telah menghimbau kepada maskapai penerbangan untuk memberikan kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket dengan memberikan opsi full refund, reschedule, ataupun re-route ke bandara terdekat jika seat masih tersedia, agar dapat membantu penumpang yang terkena dampak penutupan bandara.

“Untuk penerbangan yang terdampak kemarin, semua sudah teratasi dan operasional penerbangan sudah kembali normal, sehingga masyarakat bisa melakukan perjalanan libur Natal dan Tahun Baru dengan selamat, aman dan berkesan,” ungkapnya.

Baca juga :   Bandara Sam Ratulangi Manado Terus Benahi Fasilitas Jelang Nataru

Tidak lupa Kristi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan petugas yang bertugas di posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang sigap memberikan informasi dan kondisi penerbangan.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang bertugas dengan sigap dan bekerja sepenuh hati. Selamat merayakan Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024, semoga kebaikan selalu menyertai kita semua,” tuturnya. B

Komentar