Angkasa Pura Airports Layani 47 Reaktivasi dan Pembukaan Rute Penerbangan Baru di Triwulan III Tahun 2022

Kawasan gerbang luar Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dalam pengelolaan Angkasa Pura Airports di Denpasar, Bali. (dok. bandara)
Bagikan

Angkasa Pura Airports mencatat telah melayani sebanyak 47 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru pada periode triwulan ketiga tahun 2022.

Rincian dari 47 rute tersebut adalah satu reaktivasi rute domestik dan 18 pembukaan rute baru domestik, serta 26 reaktivasi rute internasional dan dua pembukaan rute baru internasional.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, terdapat sebanyak empat pembukaan rute baru domestic pada Juli 2022, juga ada 10 reaktivasi rute internasional dan satu pembukaan rute baru internasional.

Untuk Agustus, terdapat dua pembukaan rute baru domestik dan delapan reaktivasi rute internasional, sedangkan di September, terdapat satu reaktivasi rute domestik, 12 pembukaan rute baru domestik, delapan reaktivasi rute internasional dan satu pembukaan rute baru internasional.

“Untuk periode triwulan ketiga tahun ini, kami kembali mencatat pertumbuhan rute penerbangan yang dilayani di bandara-bandara kami, baik itu melalui reaktivasi rute domestik dan internasional, maupun pembukaan rute baru domestik dan internasional,” katanya.

Pada periode tersebut, September tercatat menjadi bulan dengan penambahan rute terbanyak, yaitu dengan total 22 reaktivasi dan pembukaan rute penerbangan baru.

Baca juga :   PT Angkasa Pura II Kampanyekan Layanan Digital

“Tentunya hal ini merupakan hal yang sangat positif, dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi udara, semakin bertambah pula rute penerbangan yang beroperasi di bandara yang kami kelola,” jelasnya.

Pada periode tersebut, terdapat sebanyak empat maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru domestik, serta 16 maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru internasional.

Adapun dalam periode tersebut, bandara-bandara Angkasa Pura Airports yang melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan lima rute domestik dan 22 rute internasional dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan tiga rute domestik.

Selain itu, Bandara Juanda Surabaya dengan enam rute domestik dan enam rute internasional, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan dua rute domestik, Bandara Adi Soemarmo Surakarta dengan satu rute domestik, Bandara Internasional Lombok dengan satu rute domestik, serta Bandara Syamsudin Noor dengan satu rute domestik.

Untuk rute domestik, rincian maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah sebagai berikut: Super Air Jet dengan 10 pembukaan rute baru, Indonesia AirAsia dengan lima pembukaan rute baru, Lion Air dengan dua pembukaan rute baru dan Batik Air dengan satu reaktivasi rute, serta satu pembukaan rute baru.

Baca juga :   PTDI Kirimkan Heli Serbu Bell 412EPI ke-6 Untuk TNI Angkatan Darat

Rute internasional, rincian maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah Indonesia AirAsia dengan lima reaktivasi rute, Jetstar dengan empat reaktivasi rute, Lion Air dengan empat reaktivasi rute, Batik Air dengan dua pembukaan rute baru, serta AirAsia, Garuda Indonesia, Vietjet Air, Philippine Airlines, dan Korean Air.

Maskapai penerbangan lainnya adalah Philippine AirAsia, Thai AirAsia, Emirates, Sriwijaya Air, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, China Airlines, dan Batik Air Malaysia yang masing-masing melakukan satu reaktivasi rute internasional.

“Dengan penambahan 47 rute di Juli hingga September ini, secara total Angkasa Pura Airports telah melayani sebanyak 144 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru sepanjang Januari hingga September 2022,” ungkapnya.

Jika dirinci lagi, Faik Fahmi menambahkan, terdapat sebanyak 10 reaktivasi rute dan 36 pembukaan rute domestik, serta 96 reaktivasi dan dua pembukaan rute internasional. B

 

Komentar

Bagikan