Akhiri Tahun 2021 PTDI Kirim Pesawat NC212i TNI AU

Pesawat NC212i ketiga dari kontrak pengadaan sembilan unit pesawat NC212i oleh Kementerian Pertahanan. (Istimewa)

Pesawat NC212i ketiga dari kontrak pengadaan sebanyak sembilan unit pesawat NC212i oleh Kementerian Pertahanan untuk end user TNI Angkatan Udara berhasil lepas landas dari Hanggar Delivery Center PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Bandung menuju Skadron Udara 4, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Berbeda dengan kedua pesawat NC212i yang dikirimkan sebelumnya pada 26 Januari 2021 dan 26 Oktober 2021, pesawat dengan tail number AX-2128 ini dikirim dengan konfigurasi Rain Making yang dapat digunakan untuk melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), yakni dengan menyemaikan garam (NaCl) di wilayah tertentu guna mengendalikan curah hujan.

Direktur Niaga, Teknologi dan Pengembangan PTDI Gita Amperiawan dan Direktur Produksi PTDI Batara Silaban hadir meninjau persiapan ferry flight pesawat terbang NC212i tersebut untuk kemudian dioperasikan oleh Skadron Udara 4.

Baca juga :   Airnav Indonesia Siap Kelola Layanan Navigasi Penerbangan Pasca Realignment FIR Jakarta

“Ini pesawat ketiga yang kita deliver dari sembilan unit pesanan Kemhan untuk keperluan alutsista TNI AU. Ini merupakan kebanggaan bagi PTDI bisa kembali mengirim pesawat dengan konfigurasi Rain Making,” ujar Gita. 

Tahun depan, lanjutnya, PTDI juga berencana mengirimkan tiga pesawat NC212i untuk TNI AU, salah satunya juga dengan konfigurasi Rain Making. 

Gita menyatakan bahwa hal ini merupakan hasil kerja sama semua teman-teman di PTDI dengan customer Kemhan, sehingga dapat menyelesaikan pesawat ini lebih baik, lebih cepat dan bisa mewujudkan delivery ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Harapan kami kedepannya bisa memberikan produk yang lebih baik lagi, baik dari quality, cost, maupun ketepatan waktu delivery-nya,” kata Batara Silaban, Direktur Produksi PTDI.

Adapun penggunaan pesawat NC212i ini tidak hanya untuk Rain Making, melainkan dapat tetap digunakan untuk passenger transport, troop/paratroop transport dan foto udara yang dapat dipasang bergantian sesuai dengan kebutuhan operasional TNI Angkatan Udara.

Baca juga :   Kepala Otban X Merauke Yang Baru Asep Kosasih Samapta

Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan winglet, ramp door dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i dan hingga saat ini terhitung sebanyak 119 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 603 unit populasi pesawat NC212 series di dunia. B