Airport Council International Apresiasi AP II

Pelayanan dengan mesin otomatis untuk penumpang di bandara. (Istimewa)

Airport Council International (ACI), organisasi yang mewadahi bandara-bandara di seluruh dunia, memberikan apresiasi kepada delapan bandara dibawah pengelolaan PT Angkasa Pura II.

Apresiasi tersebut sejalan dengan upaya keras memberikan pelayanan terbaik di tengah pandemi Covid-19 dengan menjalankan inisiatif ACI World’s Voice of the Customer.

Bandara-bandara PT Angkasa Pura II (AP II) yang mendapat apresiasi dari ACI adalah Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Thaha (Jambi), dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

Selain itu, Bandara Depati Amir (Pangkalpinang), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), dan Bandara Supadio (Pontianak).

Inisiatif ACI World’s Voice of the Customer merupakan bagian dari program Airport Service Quality guna memastikan kepuasan pelanggan (traveler).

Melalui inisiatif ini, bandara-bandara AP II mendengarkan suara pelanggan terkait layanan di keberangkatan, kedatangan dan aspek komersial dengan metode survei sesuai standar ACI yang dilakukan pada 2021.

ACI menyatakan bandara-bandara AP II yang menjalankan inisiatif ini telah mampu secara berkelanjutan memprioritaskan para pelanggan (traveler) dan memastikan suara mereka didengar di tengah pandemi ini.

Baca juga :   Akses Tol Bandara Kertajati Segera Beroperasi

“Bandara Anda telah membuat upaya yang signifikan dalam mengumpulkan masukan dari penumpang pesawat melalui program Airport Service Quality dari ACI dan ini akan membantu untuk mengerti pelanggan anda saat menyampaikan informasi yang berkelanjutan guna memastikan customer experience terbaik di tengah masa yang sulit ini,” ujar Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira dalam suratnya kepada President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Menurut Awaluddin, suara pelanggan, dalam hal ini adalah traveler di bandara-bandara AP II, harus selalu didengar sebagai dasar perbaikan pelayanan dan melahirkan berbagai inovasi di setiap kondisi termasuk di tengah pandemi Covid-19.

“Sangat penting memahami pelanggan khususnya di tengah pandemi COVID-19 yang penuh tantangan ini. AP II berkomitmen mendengar suara dan masukan traveler agar customer experience tetap terjaga di segala situasi.

Awaluddin menyampaikan terima kasih kepada ACI yang telah memberikan apresiasi ACI World’s Voice of the Customer sejalan dengan survei yang digelar AP II pada 2021 untuk mendengar suara traveler untuk layanan di titik keberangkatan, kedatangan dan komersial.

Baca juga :   Aktivitas Bandara Bilorai Sugapa Berjalan Normal

Adapun lewat suara pelanggan, AP II juga memperkenalkan berbagai inovasi layanan di tengah pandemi Covid-19 antara lain inovasi di titik keberangkatan dan kedatangan, perangkat validasi digital PeduliLindungi, Virtual Customer Assistant (VICA) dan Travel advisory yang diinformasikan AP II secara berkala melalui aplikasi Travelin.

Tersedia juga Airport Health Center sebagai lokasi tes Covid-19 yang terdapat di bandara-bandara AP II, juga inovasi di aspek komersial dengan Vending Machine di terminal penumpang yang menyediakan Alat Pelindung Diri (APD), termasuk masker, hand sanitizer, face shield dan lainnya.

Awaluddin menambahkan, pada tahun ini akan kembali diperkenalkan berbagai inovasi guna semakin meningkatkan customer experience traveler di bandara-bandara AP II, salah satunya adalah inovasi yang memanfaatkan metaverse, yakni Tourism Activity Center dan Augemented Airport Experience. B