AirAsia Pindahkan Penerbangan Rute Domestik dari Bandung ke Kertajati

Bandara Kertajati yang berlokasi di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. (dok. bandarakertajati)

Maskapai AirAsia melayani penerbangan efektif dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali mulai 9 Oktober 2023.

Penerbangan perdana tersebut akan terlayani dengan frekuensi tujuh kali dalam seminggu atau setiap hari perjalanan pergi-pulang (pp).

Untuk itu, Indonesia AirAsia akan memindahkan penerbangan rute Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka.

Menurut situs airasia.com, dengan pemindahan ini, warga Jawa Barat dapat terbang bersama AirAsia ke Denpasar dari Bandara Internasional Kertajati mulai setiap hari.

Tiket penerbangan AirAsia untuk rute Bandara Kertajati ke Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah dapat dipesan hari ini dengan penawaran harga terbaik mulai dari harga sebesar Rp800 ribuan.

Rincian penerbangan itu adalah perpindahan penerbangan ini sesuai dengan keputusan pemerintah untuk memindahkan operasional semua penerbangan jet komersial dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati di Oktober 2023.

Baca juga :   Bandara Kalimarau Berau Berupaya Tingkatkan Kinerja Pengiriman Kargo

Bandara Kertajati yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia ini terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Juli lalu.

“Dengan telah beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu, maka jarak tempuh antar kota-kota seperti Majalengka, Bandung, Cirebon, Kuningan dan Indramayu menjadi lebih singkat secara sangat signifikan,” tulis keterangan AirAsia.

Contohnya rute Majalengka – Bandung yang kini dapat ditempuh dalam waktu hanya kurang lebih satu setengah jam dari sebelumnya sekitar tiga jam.

Selain dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dan taksi online, perjalanan menuju dan dari Bandara Kertajati juga dapat dilakukan dengan menggunakan bus DAMRI yang melayani rute tersebut dari Kota Bandung, Cirebon dan Kuningan.

Baca juga :   AP II dan Maskapai Mulai Realisasikan Bandara Kualanamu Jadi Hub Internasional

Sebelum memulai rute Bandara Kertajati ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, sejak Mei 2023, AirAsia juga telah beroperasi dari Bandara Kertajati untuk rute ke Kuala Lumpur International Airport (KLIA) yang dilayani oleh Malaysia AirAsia, dengan frekuensi penerbangan dua kali seminggu.

Khusus untuk penerbangan domestik, AirAsia memberikan gratis kuota bagasi sebesar 20 kg dan kuota bagasi kabin sebesar 7 kg.

Mengenai tiket penerbangan rute Bandara Kertajati ke Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah dapat dipesan melalui aplikasi AirAsia Super App, situs airasia.com, AirAsia Travel and Service Center (ATSC), biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya.

Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking@airasia.com. B

Komentar