Ada 20 Bandara AP II Siap Sambut Periode Peak Season Libur Nataru

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati yang berlokasi di Kabupaten Majalangeka, Provinsi Jawa Barat. (dok. bandarakertajati)

PT Angkasa Pura II (AP II) memastikan 20 bandara yang dikelola perseroan siap menyambut periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara saat angkutan Nataru pada 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 (H-6 Natal dan H+2 Tahun Baru) diproyeksikan 2,54 juta penumpang atau naik 26,36% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu 2,01 juta penumpang.

Sementara itu, pergerakan pesawat diprediksi 20.349 penerbangan, meningkat 6,56% dari sebelumnya 19.096 penerbangan.

Bandara AP II adalah Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Selain itu, Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), dan Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang).

Lalu, Bandara Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Bandara Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

“Sesuai instruksi Menteri Perhubungan, AP II memastikan kesiapan 20 bandara dan kita semua berharap penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Menurutnya, koordinasi dan komunikasi seluruh stakeholder di bandara AP II dipastikan berjalan baik dan intensif guna memastikan operasional, serta pelayanan terhadap penumpang pesawat dapat optimal di tengah peak season.

Sebagai upaya menjaga koordinasi para stakeholder, AP II mendirikan Posko Monitoring Natal dan Tahun Baru 2022/2023 di 20 bandara pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Baca juga :   AirNav Indonesia Himbau Masyarakat Stop Penerbangan Balon Udara Liar

“Posko juga untuk memonitor data penerbangan real time agar AP II dapat selalu menjaga aspek keamanan, pelayanan dan kesehatan di tengah pandemi,” jelas Awaluddin.

Sementara itu, Director of Operation AP II Muhamad Wasid menuturkan, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk selama angkutan Nataru dengan jumlah penumpang diperkirakan 1,38 juta penumpang dan pesawat sebanyak 10.052 penerbangan.

“Persiapan di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya program penyeimbangan kapasitas terminal, dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 agar setiap terminal dapat optimal,” tutur Wasid.

Bandara Soekarno-Hatta juga membuka lounge umrah temporer di area GCC yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Bandara guna mendukung Terminal 3 dalam mengakomodir peningkatan penumpang.

Lounge umrah dilengkapi VIP room, reguler room dan berbagai fasilitas seperti musholla, kafe dan kantin, sehingga dapat digunakan biro perjalanan umrah sebagai lokasi meeting point atau ruang tunggu bagi jemaah umrah.

Lounge umrah GCC dibuka 18 Desember 2022 agar peningkatan penumpang di Terminal 3 saat peak season akhir tahun dapat tertangani dengan baik,” jelasnya.

Bandara Soekarno-Hatta juga diperkuat Airport Operation Control Center (AOCC) bagi stakeholders untuk mengatur operasional bandara dan penerbangan, Airport Infrastructure Control Center (AICC) untuk memonitor fasilitas bandara, serta Land Transportation Control Center (LTCC) guna memantau transportasi darat.

Baca juga :   Bandara Tunggul Wulung Perindah Taman dan Lingkungan

Director of Commercial and Service AP II M. Rizal Pahlevi menegaskan, sebagai upaya meningkatkan kepuasan penumpang saat peak season, Bandara Soekarno-Hatta menghadirkan Thematic Decoration dan Thematic Event.

“Berbagai event disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta yaitu choir, pertunjukan musik, Night Gala Tahun Baru hingga esport competition dan event, khusus Hari Ibu pada 22 Desember. Kami ingin penumpang pesawat merasa nyaman saat peak season,” katanya.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan penumpang pesawat, AP II juga telah menata desain interior Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan konsep Pintu Gerbang Indonesia di area departure gate domestic dan check in area domestic.

Sementara itu, Director of Engineering AP II Agus Wialdi menuturkan infrastruktur di 20 bandara dipastikan siap melayani penumpang pesawat pada periode angkutan Nataru.

“Infrastruktur sisi udara dan sisi darat dipastikan siap. Di sisi udara, misalnya dilakukan overlay (penebalan) runway di Bandara HAS Hanandjoeddin (Belitung) dan Bandara Tjilik Riwut (Palangkaraya),” ujar Agus Wialdi.

Terkait personel, AP II mensiagakan 6.231 personel saat angkutan Nataru terdiri dari personel operasional (Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Airport Movement Control, BKO TNI/Polri), personel pelayanan (customer service, terminal inspection service, digital service, dan lainnya), serta teknik. B

 

 

Komentar