Kemenhub Resmikan Posko Terpadu Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meresmikan Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) secara daring pada Senin (19/12/2022). (dok. kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) untuk memberi kenyamanan, keselamatan dan kesehatan masyarakat yang melakukan perjalanan dengan transportasi darat, laut dan udara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta semua petugas Posko Angkutan Nataru untuk memperhatikan mobilitas masyarakat, mengingat tahun ini tidak ada pembatasan dan pandemi Covid-19 masih cenderung meningkat.

“Maka dari itu, sebaiknya pelaksanaan Nataru di manage dengan baik dengan memperhatikan keselamatan, kenyamanan dan kesehatan para pengguna moda transportasi,” katanya saat memberikan sambutan secara daring pada Peresmian Posko Terpadu Angkutan Nataru, Senin (19/12/2022).

Menhub menuturkan, perhatian tersebut dikarenakan hasil survei Potensi Pergerakan Masyarakat di masa libur nataru yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub.

Baca juga :   Kemenhub Lakukan Rampcheck Sarana Kereta Api Angkutan Nataru Tahun 2022/2023

Hasil survei itu menunjukkan bahwa diprediksi potensi pergerakan masyarakat yang bepergian pada Nataru tahun ini adalah 16,35% dari jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 44,17 juta orang.

“Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan pergerakan masyarakat pada tahun lalu, yang diprediksi sebanyak 19,9 juta orang,” jelas Menhub.

Mengenai kendaraan yang banyak dipergunakan masyarakat, dia menambahkan, adalah kendaraan mobil pribadi dan sepeda motor.

“Semua stakeholder Posko Terpadu harus memperhatikan agar saat perjalanan Nataru tidak menggunakan sepeda motor. Selain itu, Posko ini dipergunakan secara bersama-sama dengan sharing ke media dengan baik agar informasi sampai ke masyarakat,” tuturnya.

Menhub menyadari bahwa kesuksesan tidak mungkin terjadi apabila tidak ada koordinasi dan kolaborasi dengan baik, maka dari itu diharapkan dukungan dari semua pihak untuk bersinergi dengan satu pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga :   Jalan Tol Akses Bandara Kertajati Beroperasi

“Untuk para petugas di lapangan agar melaksanakan tugas dengan baik, dengan mengutamakan fungsi pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kemenhub Hendro Sugiatno menegaskan bahwa Posko Terpadu Angkutan Nataru dibuka mulai 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

“Posko terbagi dalam dua shift, mulai dari pukul 08.00 WIB-19.00 WIB dan Shift kedua pada pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul -07.00 WIB, serta ada jeda waktu untuk penyemprotan disinsektan pada pukul 07.00 WIB dan pukul 19.00 WIB,” tuturnya. B

 

 

Komentar