Upaya Atasi Tantangan Sektor Transportasi Di Masa Pandemi

Pemeriksaan kesehatan penumpang di bandara. (Istimewa)
Bagikan

Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci tumbuh dan bergeraknya sektor transportasi meski di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, berbagai kebijakan yang diambil di masa pandemi memprioritaskan aspek kesehatan, melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam bertransportasi.

Pada saat yang sama, dia menambahkan, juga tetap memperhatikan keberlangsungan mobilitas masyarakat dan operasional penyelenggara transportasi.

“Saya harap ini bisa menjadi pembelajaran dan inspirasi bahwa apa yang diupayakan ini tidak mudah untuk sektor transportasi,” katanya pada webinar Sharing Knowledge bertema “Insan Perhubungan Bergerak Harmonikan Indonesia” dalam rangka Harhubnas 2021, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan secara virtual, Senin (13/9/2021).

Baca juga :   Kemenhub Dorong Partisipasi Swasta Bentuk Badan Usaha Pelabuhan

Menhub menceritakan pengalaman yang dilakukan oleh para insan transportasi kepada para taruna taruni perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dalam upaya mengatasi tantangan yang dihadapi sekor transportasi di masa pandemi Covid-19.

“Seperti disampaikan oleh Bapak Presiden bahwa Covid-19 belum akan hilang dalam waktu dekat. Jadi, kita ingin masyarakat bisa tetap bertransportasi dengan selamat, aman, dan sehat, serta penyelenggara transportasi bisa tetap beroperasi dengan sejumlah aturan protokol kesehatan,” tuturnya.

Untuk itu, Menhub menuturkan, terus diupayakan penyempurnaan regulasi terkait dengan pengendalian transportasi di masa pandemi.

Selain itu, sejumlah proyek pembangunan infrastruktur juga tidak berhenti di tengah pandemi.

Budi Karya menjelaskan, infrastruktur transportasi adalah bekal masa depan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga :   Tiket KA Jarak Jauh untuk Arus Balik Capai 100% Hingga 8 Mei

Oleh karenanya, lanjutnya, meski di tengah pandemi pembangunannya harus tetap berjalan dan dituntaskan dengan prokes ketat.

Menhub menyampaikan bahwa pandemi bukan menjadi halangan untuk mewujudkan tersedianya pelayanan transportasi yang selamat, aman, nyaman, sehat, dan terjangkau.

“Kita punya amanah besar untuk mempersatukan Indonesia melalui pelayanan transportasi. Tantangan yang dihadapi seperti pandemi akan membuat kita lebih kuat, selama kita terus bersama-sama memperbaiki diri, bersinergi dan juga berdoa kepada Yang Maha Kuasa,” tutur Menhub. B

Komentar

Bagikan