Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali Siap Sambut Tamu Negara Pada KTT G20

Menteri Perhubungan (Menhub) saat meninjau progres pembangunan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali, Jumat (7/10/2022). (dok. dephub.go.id)
Bagikan

Terminal Very Very Important Person (VVIP) Bandara Ngurah Rai, Bali siap menyambut para tamu penting negara pada perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 November mendatang.

Revitalisasi yang tengah dilakukan pada bangunan terminal itu hampir selesai atau sudah mencapai 99%.

“Surprise, dalam waktu 3,5 bulan revitalisasi Terminal VVIP ini sudah bisa kita selesaikan. Kita memang harus siapkan terminal ini dengan anggun dan apik, karena akan menjadi titik jumpa para pemimpin negara. Sehingga bisa memberikan impresi atau kesan yang baik dari para tamu negara G20,” ujar Menhub saat meninjau progres pembangunan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali, Jumat (7/10/2022).

Menhub menyatakan, desain terminal mengusung konsep kearifan lokal, tapi juga modern, yakni dengan arsitektur tradisional Bali, yang dikenal dengan nama Wantilan. Artinya, dia menambahkan, bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat pertemuan adat masyarakat Bali.

Baca juga :   Kemenhub Siagakan Kapal Negara Di Perairan Benoa Untuk KTT G20

“Kami bekerja sama dengan para arsitek dan juga saran dari Gubernur Bali. Kita lihat di sini ada satu gebyok yang merepresentasikan Bali. Dengan pewarnaan yang simple membuat semakin anggun. Ini menjadi kebanggaan kita,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, untuk memastikan kelancaran konektivitas transportasi udara bagi para tamu negara G20, telah dilakukan sejumlah persiapan.

Salah satunya adalah mempersiapkan sejumlah bandara untuk menjadi tempat parkir (round) pesawat-pesawat dari para delegasi, yang tidak semuanya bisa diparkir di Bandara Ngurah Rai.

Beberapa bandara yang disiapkan untuk round pesawat adalah Bandara Juanda Surabaya, Lombok, Yogyakarta, Semarang, Labuan Bajo, Jakarta, dan Bandara Hasanuddin Makassar.

“Persiapan yang dilakukan harus matang. Kita tidak hanya sebatas mengundang, tapi kita bisa menerima dan memberikan pelayanan dengan baik ,” tutur Menhub.

Baca juga :   Kunjungan Wisman ke Indonesia Makin Tinggi

Selain melakukan revitalisasi dan beautifikasi Terminal VVIP, juga dilakukan revitalisasi dan peningkatan fasilitas di Bandara Ngurah Rai, seperti di Terminal Penumpang Internasional dan Domestik, kargo, dan fasilitas lainnya.

Turut hadir saat peninjauan, Gubernur Bali I Wayan Koster, Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiarto, dan Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi. B

Komentar

Bagikan