Tanya Peluang Usaha di Bandara AP II Cukup Lewat Whatsapp

Gedung PT Angkasa Pura II (Persero). (Istimewa)

PT Angkasa Pura II (AP II), pengelola 20 bandara di Indonesia memperkuat tata kelola komersial guna mendukung strategi akselerasi pemulihan bisnis yang dijalankan tahun ini.

Untuk itu, menurut President Director AP II Muhammad Awaluddin, manajemen perusahaan meluncurkan unit Commercial Care yang khusus memberikan pelayanan dan informasi terkait aktivitas komersial di seluruh bandara perseroan termasuk anak usaha pada Senin (22/2/2022).

Commercial Care dapat dijangkau oleh seluruh mitra usaha AP II, badan usaha dan masyarakat umum untuk mengetahui informasi mengenai peluang usaha di bandara AP II, pelayanan komersial, dan berbagai aktivitas komersial lainnya.

Layanan Commercial Care ini tersedia melalui Whatsapp di nomor 0811884138 dan Instagram di @commercialcareap2.

“Bisnis AP II semakin luas, khususnya bisnis non-aeronautika. Pada tahun ini kami juga berupaya mengakselerasi pemulihan bisnis,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Sejalan dengan dua hal ini, lanjut Awaluddin, sudah saatnya AP II memiliki saluran atau channel khusus yang memberikan informasi atau keluhan terkait aspek komersial guna menjaga standar dan memastikan pengembangan bisnis tetap memperhatikan berbagai masukan.

Baca juga :   Kantor UPB Bandara Kolonel RA Bessing Lakukan Pelatihan Parsial PKP-PK

Seperti diketahui bisnis AP II antara lain berasal dari bisnis inti (core business), yaitu bisnis non-aeronautika dan bisnis aeronautika.

Bisnis non-aeronautika dikontribusikan dari area komersial, ruang iklan, angkutan kargo, serta bisnis anak usaha, yakni PT Angkasa Pura Solusi, PT Angkasa Pura Aviasi, PT Angkasa Pura Properti dan PT Angkasa Pura Kargo.

Sementara itu, bisnis aeronautika berasal dari Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau disebut juga dengan PSC (Passenger Service Charge (PSC), dan Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U).

Commercial Care akan menjadi pintu resmi informasi berbagai aspek komersial di lingkungan AP II dan menjembatani komunikasi antara mitra usaha dengan AP II. Semakin luasnya portofolio bisnis AP II akan didukung penuh Commercial Care,” jelas Awaluddin.

AP II juga telah memiliki layanan Customer Care sebagai pusat informasi dan layanan kepada para pengguna jasa atau penumpang pesawat di seluruh bandara AP II.

Sementara itu, Director of Commercial AP II Ghamal Peris Aulia mengatakan Commercial Care dapat mengoptimalisasi pendapatan.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports MoU Pemanfaatan Ruang Dengan PT Kimia Farma

“Diluncurkannya Commercial Care ini berdasarkan masukan dari mitra usaha setelah kami berkoordinasi dengan para mitra sejak tahun lalu. Menurut kami, Commercial Care yang dapat dijangkau mudah melalui Whatsapp juga merupakan saluran yang tepat dalam menjembatani AP II dengan ribuan mitra usaha komersial,” tuturnya.

Ghemal Peris menambahkan, mitra komersial dan masyarakat bisa memperoleh informasi mengenai program dan kegiatan divisi komersial mulai dari cara menjadi mitra hingga mekanisme mengikuti pengadaan melalui Commercial Care.

Selain itu, unit ini pun bisa menerima dan menindaklanjuti keluhan dan saran terkait kegiatan komersial.

Dia menyatakan, mitra komersial dan masyarakat diharapkan tidak ragu untuk menanyakan kegiatan dan program usaha yang dikelola divisi komersial, serta dapat menyampaikan keluhan dan saran terkait aktivitas komersial dengan layanan maupun integritas.

“Kami berharap Commercial Care dapat memperkuat penerapan nilai-nilai AKHLAK, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif di lingkungan AP II,“ ungkap Ghamal Peris. B