Sebanyak 225 Gerai UMKM Sumbar Ada di Bazar Ramadan 1445 Hijriah

Saat pembukaan Bazar Ramadan 1445 Hijriah, yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) di Halaman Kantor Gubernur Sumbar. (dok. sumbarprov.go.id)

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy membuka secara resmi Bazar Ramadan 1445 Hijriah yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat di Halaman Kantor Gubernur, Senin (1/4/2024).

Kegiatan Bazar Ramadan tahun ini diikuti sebanyak 225 gerai, yang menjual aneka produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumbar, seperti kuliner, sembako, produk fashion, aksesoris, kerajinan tangan,  perlengkapan salat, dan kebutuhan lain.

Dalam sambutannya Wagub Audy menyatakan, kegiatan ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk masyarakat bisa memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang masuk akal dan menggerakkan UMKM masyarakat Sumbar.

“Inilah kesempatan UMKM kita untuk menggerakkan ekonomi, menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan juga kesempatan perbankan untuk menyaring UMKM yang mumpuni biar bisa naik kelas agar bisa growing,” katanya.

Baca juga :   Momen Ramadan Grand Mercure Malang Mirama Ajak Sahur Bersama Yayasan Panti Asuhan Anak Yatim Al Ishlah

Pada kesempatan itu, Wagub Audy juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan Bazar Ramadan 1445 Hijriah.

“Terima kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang berkolaborasi dengan Dinas Pangan, serta semua pihak yang membantu terlaksananya Bazar Ramadhan kali ini, mudah-mudahan membawa keberkahan kepada kita semua,” jelasnya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Novrial menyampaikan bahwa tujuan Bazar Ramadan 1445 Hijriah adalah memberikan informasi riil harga bahan pokok dan memberikan peluang kepada Industri Kecil Menengah (IKM) menampilkan karyanya untuk dinikmati oleh masyarakat Sumbar.

“Kegiatan ini ditujukan yang pertama sekali  memberikan informasi harga, khususnya bahan pokok yang sesuai dengan kondisi sebenarnya, tidak ada mekanisme pasar disini, karena kita didukung oleh para distributor, oleh kawan-kawan pedagang skala besar yang menjual bahan pokok dengan harga yang sebenarnya,” tuturnya.

Baca juga :   Sales Conference Creative Selling di ASTON Boutique Cilegon

Selain itu, juga memberikan peluang kepada IKM Sumbar untuk menampilkan hasil-hasil karyanya untuk dinikmati dan dibeli oleh seluruh lapisan masyarakat.

Bazar Ramadan 1445 Hijriah akan dilaksanakan selama empat hari, dimulai dari 1-4 April 2024.

Dalam pembukaan Bazar Ramadan juga diisi dengan fashion show karya Ema Yohana yang menampilkan peragaan busana muslim khas Sumbar.

Hadir pada pembukaan bazar tersebut, Ketua DW Persatuan Provinsi Sumbar, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota, Ketua BKOW Provinsi Sumbar, Pimpinan Bank Nagari, Pimpinan Bank Indonesia, dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar. B

Komentar