Pulangmaki ke Kampung di Sulsel Saatnya Investasi Membangun Daerah

Acara buka puasa bersama dengan masyarakat asal Sulawesi Selatan (Sulsel) di Hotel Grand Sahid Jaya di Jakarta. (dok. sulselprov.go.id)

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin berbuka puasa bersama dengan masyarakat asal Sulawesi Selatan di Hotel Grand Sahid Jaya di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Silaturahmi ini untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan masyarakat se-Sulsel yang berdomisili di Jakarta.

Alhamdulillah, kita hari ini bisa berkumpul dengan masyarakat Sulsel di rantauan, khususnya yang ada di Jakarta bersama dengan pemerintahan daerah di Sulsel,” kata Bahtiar Baharuddin.

Di hadapan masyarakat Sulsel yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Bahtiar menyampaikan potensi Sulsel saat ini dan ke depan setelah terbangunnya Ibu Kota Negara (IKN), sehingga diaspora yang berada dirantau juga diajak untuk membangun dan berinvestasi.

Baca juga :   ASEAN Para Games 2022 Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Dia menilai, Sulawesi Selatan dengan lebih dari 300 pulau memiliki potensi yang menjanjikan.

Dalam konteks pembangunan, menjadi hub Timur yang strategis dan dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tidak ada kota sebesar Makassar yang terdekat dengan IKN. Dengan terbentuknya IKN, kita semua harus mengubah pikiran bahwa Indonesia berubah, lanskap ekonomi berubah, lanskap sosial berubah,” jelasnya.

Potensi laut dan daratan di Sulsel sangat kaya.

Sektor kelautan dan perikanan berkembang pesat, terutama dengan banyaknya kawasan industri yang sedang dibangun, bahkan pemerintahan di Sulsel juga mendukung investasi di wilayah ini.

Para tokoh yang memiliki pengalaman di luar negeri diundang untuk berinvestasi dan membangun kampung halaman, karena dengan luas wilayah yang besar, Sulsel memiliki potensi yang belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Baca juga :   Pemkot Bekasi Lakukan Rotasi dan Mutasi Jabatan Eselon III dan IV, serta Penyetaraan Jabatan Fungsional

“Pulang meki kampung. Sudah waktunya investasi di Sulawesi Selatan,” tegasnya.

Untuk itu, Bahtiar meminta saatnya menyatukan pikiran dan membangun Sulsel agar kehidupan ekonomi masyarakat semakin baik.

“Saatnya kita, termasuk tokoh-tokoh dirantau punya pengalaman di luar negeri, bangun ini kampung. Luas sekali kampung kita, potensinya besar. Sayang sekali kalau potensi besar tetapi kehidupan ekonomi masyarakat kita belum baik,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, turut hadir Jenderal Polri, TNI AD, AU, dan AL, pejabat sipil, Kejaksaan Hakim Agung, DPRD Sulsel, DPR, DPD, Bupati, Walikota se-Sulsel, unsur Tokoh Masyarakat, serta Forkopimda Sulsel. B

Komentar