Reformasi Pendidikan di Perguruan Tinggi Kemenhub

Kegiatan Seminar All About Grooming dan Pemanfaatan Teknologi Metaverse untuk Pendidikan di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten. (dok. bpsdmp)

Peningkatan kompetensi dan digitalisasi sangat berperan penting dalam sektor pendidikan transportasi.

Perkembangan dalam sektor transportasi saat ini mendesak bidang Pendidikan di sektor transportasi untuk melakukan perubahan mendasar pada kurikulum-silabus agar sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang hadir secara virtual, saat membuka secara resmi kegiatan Seminar All About Grooming dan Pemanfaatan Teknologi Metaverse untuk Pendidikan di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten.

“Untuk mengimbangi ilmu dalam bidang transportasi, saat ini sangat dibutuhkan kemahiran dalam aspek digitalisasi, etos kerja, kebaharuan ilmu dan teknologi bidang pekerjaan, keberlanjutan, yang dilengkapi dengan wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Untuk itu, dia menjelaskan, perlu adanya peningkatan kompetensi Dosen, Instruktur dan Pengasuh di seluruh Perguruan Tinggi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku garda terdepan dalam mendidik anak-anak kita agar menjadi insan transportasi kelas dunia.

Baca juga :   Wujudkan SDM Transportasi Kompeten BPSDMP Gelar Rakor Program Kerja Sama Polbit Pendidikan Tinggi Vokasi dengan Pemda

“Semoga dengan adanya seminar ini dapat memperkaya wawasan peserta mengenai personal branding melalui grooming dan pemanfaatan teknologi metaverse dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Seminar yang bertajuk All About Grooming dan Pemanfaatan Teknologi Metaverse untuk Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam grooming sebagai bagian dari personal branding, serta memperkenalkan teknologi metaverse sebagai alat bantu pengajaran modern.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Subagiyo melaporkan bahwa seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang meliputi Class of Guru Grooming and Metaverse (Angkatan Eksekutif).

Kegiatan dilaksanakan pada 1 – 2 Juli 2024 di Hotel Akmani Wahid Hasyim, dengan target 32 peserta dan Class of Guru Grooming and Metaverse (Angkatan Reguler) yang dijadwalkan pada minggu pertama Juli 2024 di berbagai sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Baca juga :   ICAO dan Kementerian Perhubungan Diskusi Kebutuhan Pesawat di Indonesia

“Dalam rangka reformasi Pendidikan di Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan perlu dilakukan perubahan mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam aspek pengajaran dan pengembangan kompetensi Dosen dan Pengasuh,” jelasnya.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memahami landasan 10 prinsip Grooming untuk personal branding, serta pengenalan teknologi metaverse di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Pada seminar ini menghadirkan narasumber dari CEO Guru Grooming Indonesia Yulie Hartanto yang memaparkan materi terkait All About Grooming dan Head of Product dari Nusameta Thomas Simpson yang menyampaikan materi tentang Introduction to Technology Metaverse untuk Pendidikan.

Seminar yang dilaksanakan secara hybrid ini, selain dihadiri Para Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan dan Kepala UPT di lingkungan BPSDM Perhubungan, turut hadir juga dosen, instruktur dan pengasuh yang secara antusias mengikuti seminar dan berdiskusi dengan para narasumber. B

Komentar