PTDI Kirim NC212i Untuk Perkuat Alutsista TNI AU

PT Dirgantara Indonesia menyiapkan pesawat jenis NC212i. (dok. ptdi)

Pesawat NC212i keempat dari kontrak pengadaan sebanyak sembilan unit pesawat NC212i oleh Kementerian Pertahanan RI untuk end user TNI Angkatan Udara telah berhasil lepas landas dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung menuju Skadron Udara 4, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan didampingi Direktur Produksi, Batara Silaban dan Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM Wildan Arief, serta Group Head Commercial PTDI Indar Atmoko hadir meninjau persiapan dan ferry flight pesawat NC212i yang kemudian akan dioperasikan oleh Skadron Udara 4.

Pesawat dengan tail number AX-2130 ini dikirim dengan konfigurasi Troop Transport yang diterbangkan oleh Mayor Pnb Deharday Nugraha sebagai Pilot In Command Ferry dan Lettu Pnb Faizal Fibriyan sebagai Copilot, setelah sebelumnya pesawat ini memperoleh Flight Acceptance Certificate pada 27 Desember 2022.

Baca juga :   PTDI Akan Jajaki Pasar Baru untuk Penjualan Helikopter

Adapun ketiga pesawat NC212i pertama dari kontrak tersebut telah dikirimkan pada 26 Januari 2021, 26 Oktober 2021 dan 31 Desember 2021, dengan satu di antaranya dikirim dengan konfigurasi Rain Making.

Alhamdulillah atas kerja sama semua pihak, hari ini dapat berbuah hasil kita bisa mengirimkan pesawat keempat NC212i untuk TNI AU dari total pesanan Kemhan sebanyak sembilan unit, dengan empat unit konfigurasi Troop Transport, empat unit konfigurasi Rain Making dan satu unit konfigurasi Navigation Training,” kata Gita.

Sebagai pimpinan PTDI, lanjutnya, mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak, termasuk tim IDAA bersama-sama PTDI yang telaten dalam menghadapi setiap dinamikanya. PTDI pun terus berkomitmen dalam menjaga readiness pesawat dan menjaga customer satisfaction. 

“Atas nama PTDI, saya ucapkan terima kasih kepada Kemhan dan TNI AU atas kepercayaan yang diberikan, semoga ferry flight ini berjalan lancar dan selamat sampai tujuan, sehingga kemudian pesawat ini dapat berkontribusi maksimal dalam mendukung operasi TNI AU,” jelas Gita.

Baca juga :   PTDI dan Airbus Tandatangani MoU Kerja Sama Industri

Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan winglet, ramp door dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan dengan pesawat sekelasnya.

Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i dan hingga saat ini terhitung sebanyak 120 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 604 unit populasi pesawat NC212 series di dunia. B

Komentar