Proyek Kereta Api Cepat Akan Diperpanjang Hingga Surabaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat kunjungan ke proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Kamis (13/10/2022). (dok. kai.id)
Bagikan

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan makin panjang dan tidak hanya Jakarta-Bandung, melainkan proyek berlanjut hingga ke rute Jakarta-Surabaya.

Menteri Perhubungan (Menhub) mengatakan dengan kereta cepat itu waktu tempuh Jakarta-Surabaya dipangkas.

Jika biasanya naik kereta dari Jakarta ke Surabaya membutuhkan waktu sembilan jam hingga 10 jam, Menhub menjelaskan, maka dengan kereta cepat waktu tempuhnya tidak sampai separuhnya.

“Pak Presiden sebagai pemimpin yang visioner meletakkan dasar-dasar MRT, yang kami kawal berikutnya akan meletakkan dasar-dasar kereta cepat. Rencananya Jakarta-Surabaya, Jakarta-Surabaya ditempuh kurang dari empat jam,” kayanya dalam acara Seminar Nasional Sustainable Smart Transportation, Kamis (27/10/2022).

Tahap pertama membuat Jakarta-Bandung dan harus dikawal, karena semakin banyak yang mengawal makin bagus.

Baca juga :   AP II Bersama BUMN Lainnya Bantu Penanggulangan Bencana Gempa Cianjur

Menhub optimistis pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya bisa dilakukan dan terwujud.

“Kereta cepat juga gitu membangunnya ko Jakarta-Bandung ya, banyak kok gitu, tapi kita yakin bahwa ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya, bayangkan empat jam,” jelasnya.

Mantan bos Angkasa Pura II ini menyebutkan saat ini tengah disusun perencanaan kereta cepat Jakarta-Surabaya. Untuk mewujudkannya, Kemenhub bakal menggandeng tanpa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kereta Cepat Jakarta Surabaya itu rencananya melalui jalur utara, kemudian melintas ke selatan melewati Purwokerto bablas ke Yogyakarta dan menuju Surabaya.

Disebut-sebut proyek kereta cepat Jakarta Surabaya itu bertujuan untuk mengurai kepadatan penumpang pesawat agar menggunakan moda transportasi lain.

Baca juga :   Kemenhub Dukung Upaya Pelaku Usaha Pelayaran Kembangkan Potensi Wisata Bahari

“Kita kawal bener kereta cepat ini. Konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, karena nggak mungkin tanpa PU kita jalanin. Jadi, rencana itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya empat jam,” tutur Menhub. B

Komentar

Bagikan