Profil Ayodhia Kalake, Sesmenko Marves yang Jadi Pj Gubernur NTT

Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake. (dok. Kemenko Marvest)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Ayodhia Kalake sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat yang masa jabatannya berakhir 5 September 2023.

Ayodhia Kalake adalah Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves bachelorarbeit schreiben lassen). Pria berdarah Adonara, Flores Timur, NTT, itu lahir di Jakarta pada tanggal 18 November 1966 dan besar di Bandung, Jawa Barat.

Ayodhia Kalake meraih gelar Sarjana (S1) di Universitas Padjajaran dan menempuh program Magister (S2) di Universidad De Complutense, Madrid, Spanyol.

Ayodhia memulai karier sebagai pegawai negeri sipil pada Juli 1993. Dia pernah menjadi konsultan umum Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok. Dia juga pernah bertugas di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia klausur schreiben lassen pada KBRI untuk Spanyol dan KBRI Jerman. Selain itu, dia pernah menjabat Asisten Deputi Delimitasi dan Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kemenkomarves RI.

Baca juga :   Menteri BUMN Angkat Nuraini Dessy Jadi Direktur Baru Pelni

Pada tahun 2020, Ayodhia Kalake menjabat sebagai Pelakana Tugas Deputi Bidang Koordinasi Ghostwriter Hausarbeit Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Merves.

Setahun kemudian, tepatnya 25 Mei 2021 Ayodhia Kalake dipercaya menjadi Komisaris PT Pembangunan ghostwriter Perumahan (Persero) Tbk menggantikan Letjen (Purn) Sumardi berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Pada 5 Januari 2022, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengangkat Ayodhia Kalake menjadi Sesmenko Marves. Jabatan tersebut merupakan unsur pembantu pimpinan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Luhut.

Ayodhia memperoleh tiga penghargaan ghostwriting dari Presiden Republik Indonesia yaitu Satyalancana Karya Satya X tahun 2003, Satyalancana Karya Satya XX tahun 2015 dan Satyalancana Wira Karya pada tahun 2016. B

Komentar