Presiden Jokowi Promosikan Wisata Edukasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan promosi wisata edukasi di Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (7/1/2023). (dok. setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana mempromosikan wisata edukasi dengan berwisata ke Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Sabtu (7/1/2023).

Kepala Negara ditemani putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan sang istri Selvi Ananda, serta kedua cucunya, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Wisata edukasi Presiden Jokowi dan keluarga ini dipandu oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kemenristekdikbud Manggar Sari dengan berkeliling sambil menjelaskan sejarah Candi Prambanan.

Saat berkeliling, Jan Ethes tampak memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan pemandu wisata mengenai warisan budaya dunia tersebut.

“Ini yang paling besar,” ucap Manggar menunjuk Candi Siwa dengan ketinggian 47 meter tersebut.

Baca juga :   Pentingnya Quality Tourism Untuk Jaga Kepercayaan Wisatawan

Setelahnya, Presiden Jokowi bersama kedua cucunya masuk ke dalam salah satu candi yang ada di sana untuk melihat lebih dekat relief yang terukir pada candi tersebut.

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata dalam negeri yang bisa menjadi alternatif liburan bagi masyarakat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah meminta jajaran pemerintah di daerah untuk menggalakkan pariwisata dalam negeri karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

“Sekali lagi, tolong masyarakat diajak. Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja,” ujar Presiden Jokowi dalam acara pengarahan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, kepala daerah, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), panglima komando daerah militer (pangdam), kepala kepolisian daerah (kapolda), dan kepala kejaksaan tinggi (kajati) belum lama ini. B

Baca juga :   Kemenparekraf Siap Beri Pendampingan dan Pelatihan Bagi Pelaku Ekraf

 

Komentar