Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara Trunojoyo

Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. (Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bandara Trunojoyo yang berlokasi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Instagram @bandaratrunojoyo pada Sabtu (18/12/2021) menyebutkan bahwa Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Hubud Kemenhub) Novie Riyanto melakukan kunjungan kerja mempersiapkan peresmian tersebut.

Wakil Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Ambar Suryoko, selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Pengoperasian Bandar Udara dan tim, serta Kabandara Trunojoyo Sumenep M. Arqodri Arman beserta tim turut mendampingi.

Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan dalam rangka memantau kesiapan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) selaku penyelenggara bandara dan memberikan arahan dalam rangka pembahasan persiapan pelaksanaan di lapangan, serta penyediaan berbagai keperluan menjelang peresmian.

Baca juga :   Bandara I Gusti Ngurah Rai Sambut Kedatangan Dua Maskapai Baru

Sebagai informasi, Bandara Trunojoyo dibangun pada era pemerintahan Bupati Soemaroem yang memerintah di Sumenep pada tahun 1970-an. Seiring dengan berjalannya waktu, bandara ini mengalami pasang surut dalam pengembangannya.

Bandara Trunojoyo mengalami era keemasan pada awal-awal pembangunannya diawali dengan penerbangan secara langsung jemaah haji Sumenep ke Surabaya tanpa melalui perjalanan darat yang menempuh waktu kurang lebih empat jam.

Berdasarkan data Wikipedia, Bandara Trunojoyo pada tahun 2010 resmi dioperasikan dan dipergunakan oleh Merpati Nusantara Airlines untuk sekolah penerbangan.

Pada tahun 2011, untuk menjadikan bandara ini lebih nyaman dan bisa didarati oleh pesawat berukuran lebih besar, pemerintah daerah setempat membebaskan lahan untuk perpanjangan landasan pacu bandara yang sebelumnya 905 meter menjadi 1.600 meter.

Baca juga :   Bandara Komodo Antisipasi Wisatawan Ke Labuan Bajo dan Ende

Tercatat ada dua sekolah penerbangan yang memanfaatkan bandara ini pada tahun 2012, yaitu Sekolah Penerbangan Merpati Nusantara Airlines dan Sekolah Penerbangan PT Wing Umar Sadewa.

Hingga Juni 2016 Bandara Trunojoyo melayani penerbangan perintis PT Airfast Indonesia dan tiga sekolah penerbangan, yaitu Merpati Pilot School, Trans Asia Pacific Aviation Training, dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi atau Loka Banyuwangi.

Pada 27 september 2017, dibuka penerbangan komersial perdana maskapai Wings Air melayani rute Sumenep-Surabaya pp yang dilakukan pada siang hari dengan menggunakan pesawat tipe terbaru ATR 72-500 dan ATR 72-600 dengan kapasitas maksimal 72 penumpang. B