Persiapan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Capai 80%

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama dengan Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan meninjau progres pembangunan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Jumat (8/7/2022). (kemenparekraf.go.id)
Bagikan

Persiapan Terminal Very Very Important Person (VVIP) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali untuk penyelenggaraan Presidensi G20 pada November 2022 sudah mencapai antara 80% hingga 90%.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap seluruh pembangunan infrastruktur bisa terselesaikan pada Oktober 2022.

“Sumber daya manusia pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan juga bisa siap menyambut pergelaran event internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini,” katanya saat bersama dengan Menteri Koordinasi Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut B. Pandjaitan meninjau pembangunan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Sandiaga menjelaskan, Terminal VVIP ini sudah di review mulai dari proses flow kedatangan negara dan delegasinya sampai ke tempat hotel maupun kegiatan mobilitas penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Komitmen Kawal Implementasi Ketentuan Perjalanan Udara Domestik dan Internasional

“Keberadaan Terminal VVIP ini dimaksudkan untuk mempermudah akses para tamu Presidensi G20 pada November mendatang,” jelasnya.

Sandiaga menjelaskan, harapannya sampai Oktober ini difinalkan penyelesaian pembangunannya, sehingga terstruktur semua. Jadi, lanjutnya, masuk November tinggal finalisasi.

“Tak hanya itu, penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM), kapasitas para anak muda yang akan membantu terselenggaranya event internasional itu harus ditingkatkan, sehingga hospitality kita bisa dikenang dengan baik,” ujarnya.

Pemerintah melalui lembaga terkait mulai memperketat persiapan menjelang penyelenggaraan Presidensi G20 yang dilaksanakan di Bali.

We just finished rapat koordinasi persiapan G20, ada beberapa isu utama berkaitan dengan event itu. Tentunya tentang penyiapan program yang ditugaskan kepada kami mengenai persiapan untuk 20 negara anggota G20 dan tiga negara undangan yang betul-betul harus mendapat pelayanan terbaik,” tuturnya.

Baca juga :   PT KAI Uji Coba Kereta Api Menuju YIA

Menparekraf Sandiaga menyampaikan hal tersebut usai menghadiri Rapat Koordinasi dan Kunjungan Lapangan Penyelenggaraan Presidensi G20 bersama Luhut B. Pandjaitan.

Menurutnya, Menkomarves telah mengapresiasi fasilitas hotel-hotel di Bali, yang semakin lebih baik dibandingkan penyelenggaraan G20 sebelumnya, yang berlangsung di Roma, Italia.

“Tadi Pak Menkomarves memberikan apresiasi kepada hotel-hotel di Bali, termasuk The Laguna yang sedang melakukan renovasi dan beliau memberikan angka dua tingkat lebih baik dari Roma, Italia, yaitu tuan rumah G20 sebelumnya,” ungkap Sandiaga. B


Bagikan