Peringkat Bandara Soekarno-Hatta Naik Delapan Tingkat di Daftar Terbaik Dunia

Para petugas di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (dok. istimewa)

Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (AP II) meraih tiga pencapaian positif pada Skytrax World Airport Awards 2023.

Pencapaian positif pertama yang diraih Bandara Soekarno-Hatta adalah peringkat ke-43 dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia (World’s Top 100 Airports 2023), atau naik delapan tingkat dari posisi tahun 2022.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, kenaikan peringkat Bandara Soekarno-Hatta di dalam daftar World’s Top 100 Airports 2023 merupakan hasil dari konsolidasi dan kolaborasi di antara stakeholders bandara.

Kenaikan peringkat Bandara Soekarno-Hatta di jajaran 100 bandara terbaik dunia ini, lanjutnya, diraih di tengah periode pemulihan lalu lintas penerbangan yang tengah tertekan pandemi Covid-19.

Menurut Awaluddin, hasil ini sekaligus merefleksikan keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta dalam mengelola peningkatan penerbangan, memenuhi permintaan yang tumbuh, dengan tetap memperhatikan kenyamanan traveler.

“AP II bersama seluruh stakeholder, yakni maskapai, ground handling, Otoritas Bandara, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Bea dan Cukai, Imigrasi, TNI-Polri, hingga operator transportasi darat dan stakeholder lainnya di tengah tekanan pandemi tetap mampu menyatukan visi dan semangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Awaluddin menuturkan, hal ini sekaligus menjaga kontribusi sektor penerbangan nasional terhadap pertumbuhan ekonomi dan penanganan pandemi.

Pencapaian kedua Bandara Soekarno-Hatta dalam Skytrax World Airport Awards 2023 adalah menembus peringkat ke-9 dalam daftar 10 bandara terbersih di Asia (Asia: The Cleanest Airports 2023).

Baca juga :   Bandara Juanda Surabaya Mulai Terima Kedatangan PMI Dari Luar Negeri

Awaluddin menuturkan penghargaan sebagai bandara terbersih di Asia ini berhasil diraih sejalan dengan program transformasi yang dijalankan AP II di Bandara Soekarno-Hatta.

“Sejak Kuartal IV/2022, AP II menjalankan transformasi di Bandara Soekarno-Hatta untuk menjadikan bandara ini sebagai referensi bagi bandara-bandara di Indonesia dalam operasional dan memberikan pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Salah satu yang diterapkan dalam program transformasi ini adalah Bandara Soekarno-Hatta meningkatkan customer experience melalui penyempurnaan interior, tampilan dan nuansa di terminal penumpang yang salah satunya mencakup kebersihan.

Sementara itu, pencapaian ketiga Bandara Soekarno-Hatta adalah berada di peringkat ke-5 dalam daftar bandara terbaik dunia kategori 40 juta penumpang hingga 50 juta penumpang (Best Airports 2023: 40 to 50 Million Passengers).

Director of Operation AP II Muhamad Wasid menuturkan Bandara Soekarno-Hatta menjalankan program penyeimbangan kapasitas terminal guna menjaga kenyamanan traveler di tengah peningkatan lalu lintas penerbangan.

Pemulihan lalu lintas penerbangan berjalan sejak 2022, dia menambahkan, diikuti dengan meningkatnya pergerakan pesawat dan penumpang.

Bandara Soekarno-Hatta kemudian melakukan rebalancing capacity, dengan sejumlah maskapai berpindah operasional dari terminal satu ke terminal lainnya.

“Ini untuk memastikan kapasitas masing-masing terminal terjaga dan standar pelayanan dapat sesuai standar,” tutur Muhamad Wasid.

Baca juga :   AP II Targetkan 20 Bandara Pakai Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada 2025

Sementara itu, Director of Commercial & Services AP II M. Rizal Pahlevi mengungkapkan, pencapaian positif Bandara Soekarno-Hatta tidak lepas dari staf bandara yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada staf bandara yang menjalankan tugas melayani masyarakat, baik staf bandara AP II mulai dari personel customer service, terminal inspection service, aviation security, hingga juga staf darat maskapai di konter check-in dan boarding gate, serta juga staf intansi lain dari Imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina, ground handling, Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI-Polri dan stakeholder lainnya,” tuturnya.

Rizal Pahlevi menambahkan, pencapaian ini mendorong AP II untuk semakin meningkatkan standar layanan di seluruh bandara yang dikelola perseroan.

“Kebersihan dan pelayanan yang diberikan Bandara Soekarno-Hatta telah diakui secara internasional. Bandara-bandara AP II lainnya mengikuti standar yang diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta untuk memberikan customer experience terbaik,” jelasnya.

Adapun dalam menentukan peraih penghargaan, Skytrax World Airport Awards 2023 menggunakan survei yang dilakukan pada Agustus 2022 hingga Februari 2023 di lebih dari 550 bandara terhadap traveler yang berasal dari lebih 100 negara.

Survei ini mengevaluasi pengalaman traveler terhadap layanan bandara di berbagai area mencakup check-in, kedatangan, transit, komersial, keamanan dan imigrasi hingga gate keberangkatan. B

 

 

Komentar