Peringatan Dini BMKG Makassar Sulsel Dilanda Hujan Lebat dan Petir 23-29 Januari

Salah satu sudut Kota Makassar, yakni Pantai Losari. (dok. wikipedia.org)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan. Cuaca ekstrem itu diprediksi terjadi pada 23-29 Januari 2024.

“Peringatan dini cuaca tujuh harian, berlaku 23-29 Januari 2024,” tulis BMKG Makassar dalam keterangannya.

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca ekstrem ini bakal terjadi di 15 wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), termasuk Kota Makassar.

Wilayah tersebut diprediksi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dan berpotensi disertai angin kencang dan petir.

“Potensi angin kencang disertai kilat/petir,” tulis keterangan itu.

BMKG Wilayah IV Makassar memprediksi sejumlah wilayah di Sulsel masih akan dilanda cuaca ekstrem.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi terjadi di sejumlah wilayah Sulsel selama tiga hari ke depan.

Baca juga :   Operasional Bandara Djalaluddin Gorontalo Maksimal Meski Anggaran Terbatas

“Untuk tanggal 23-25 itu masih berpotensi hujan sedang hingga lebat,” ujar Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Rizky Yudha kepada media.

Dia menjelaskan, kondisi ini dipicu oleh Bibit Siklon Tropis yang terpantau berada di Australia bagian utara. BMKG menjelaskan Bibit Siklon Tropis mengakibatkan pertemuan angin di laut Jawa.

“Tekanan udaranya masih terpantau rendah di wilayah utara Australia, sehingga memang akhirnya menarik massa udara menuju ke pusat tekanan rendah tersebut termasuk wilayah Sulawesi Selatan sehingga akhirnya terjadi pertemuan angin mulai dari laut Jawa hingga ke wilayah ini,” ungkapnya.

Dia mengimbau masyarakat di wilayah Sulsel bagian Barat, Utara dan Selatan untuk selalu waspada. Dampak cuaca buruk ini umumnya terjadi di wilayah tersebut.

Baca juga :   ASDP Terus Tingkatkan Layanan di Lintasan Ampana - Wakai dan Ampana - Pasokan serta Pasokan - Dolong

“Intensitas ringan hingga lebat untuk tiga hari kedepan berpotensi terjadi di Sulsel bagian Barat, kemudian di Kepulauan Selayar khususnya Selayar bagian selatan di perairan Boneratenya itu,” tuturnya.

Kemudian Sulsel bagian Utara di Tana Toraja, Toraja Utara dan sebagian wilayah Luwu, serta Selatan dilaporkan masih terjadi hujan. B

 

Komentar