Penumpang Pesawat Periode Nataru di Bandara AP II Hampir Dua Juta Orang

Aktivitas pesawat maskapai penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (dok. angkasapura2.co.id)

Bandara-bandara PT Angkasa Pura II (AP II) sukses melayani perjalanan masyarakat dalam periode angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Sepanjang delapan hari pelaksanaan angkutan Nataru, atau pada 18 – 25 Desember 2023, pergerakan penumpang di 20 bandara yang dikelola AP II mencapai 1,99 juta orang atau meningkat sekitar 12% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,78 juta orang.

Sementara itu, untuk pergerakan pesawat tercatat 14.120 penerbangan atau naik 2% dari sebelumnya 13.777 penerbangan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose mengatakan, operasional dan pelayanan di bandara berjalan dengan baik pada masa sibuk akhir tahun ini.

“Berkat kolaborasi yang baik di antara seluruh pihak, bandara-bandara AP II mampu melayani perjalanan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Menurut Wendo Asrul, dalam delapan hari pelaksanaan angkutan Nataru, bandara-bandara AP II secara kumulatif telah melayani nyaris dua juta orang penumpang pesawat, tepatnya 1,99 juta orang.

“Di tengah periode sibuk, operasional dan pelayanan tetap terjaga. Tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance dari maskapai di bandara-bandara AP II di atas 70% dan tingkat keterisian penumpang atau load factor untuk setiap penerbangan rata-rata mencapai 81%,” jelasnya.

Baca juga :   Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara AP II Kuartal I/2022 Naik Signifikan 65%

Wendo Asrul menambahkan, puncak arus keberangkatan pertama yakni pada 22 Desember juga dapat ditangani dengan baik di seluruh bandara AP II.

“Pada puncak arus keberangkatan 22 Desember, pergerakan penumpang di 20 bandara AP II mendekati 290.000 orang,” ungkapnya.

Penanganan yang baik juga dilakukan AP II terhadap kondisi ireguler, seperti Bandara Minangkabau di Padang yang sempat ditutup sebagai dampak dari erupsi Gunung Marapi.

“AP II berterima kasih kepada seluruh stakeholder dan juga masyarakat atas dukungannya sehingga operasional dan layanan di bandara-bandara AP II dapat berjalan dengan baik pada periode angkutan Nataru ini,” tuturnya.

Direktur Komersial dan Pelayanan AP II M. Rizal Pahlevi menambahkan, di tengah sibuknya penerbangan, bandara-bandara AP II menggelar berbagai event dan aktivasi untuk menghibur penumpang pesawat, termasuk saat hari Natal pada 25 Desember 2023.

“Pada Hari Natal, bandara-bandara AP II melakukan aktivasi antara lain dengan menghadirkan sinterklas di terminal untuk menyapa dan memberi hadiah kepada penumpang. Selain itu, ada juga personel yang menggunakan kostum sinterklas dan bertugas memandu parkir pesawat serta menyapa kedatangan penumpang,” katanya.

Rizal Pahlevi menuturkan, di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, selain beragam aktivasi, dihadirkan juga pohon natal berukuran besar di Terminal 3 yang kemudian dijadikan para penumpang sebagai lokasi untuk berfoto bersama.

Baca juga :   Bandara Soekarno-Hatta Akan Aktifkan Kembali Terminal 1A

“Kami berharap bandara AP II dapat memberikan kenyamanan dalam mengantar masyarakat berlibur,” ungkapnya.

Adapun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Minggu, 24 Desember 2023, meninjau Bandara Soekarno-Hatta dan mengaku gembira melihat produktivas penerbangan yang meningkat di Bandara Soekarno-Hatta.

“Ini menandakan bahwa kinerja sektor aviasi semakin baik, probabilitasnya meningkat. Dilihat juga jumlah kargo yang keluar masuk dari Soekarno-Hatta meningkat,” ujarnya.

Wendo Asrul menegaskan, jumlah penumpang pada 18 – 25 Desember 2023 di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 1,28 juta orang atau meningkat 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Untuk pergerakan pesawat sebanyak 8.490 penerbangan atau naik 8%. Untuk angkutan kargo, Bandara Soekarno-Hatta pada delapan hari pelaksanaan angkutan Nataru ini melayani volume angkutan kargo sebanyak 12,92 juta kg atau naik 8%,” jelasnya

Menurut Wendo Asrul, destinasi favorit di dalam negeri dari Bandara Soekarno-Hatta adalah ke Bali, Deli Serdang, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

Sementara itu, untuk rute internasional adalah Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Hong Kong, dan Doha. B

Komentar