Penumpang Kapal Laut Harus Difasilitasi Tes Gratis Antigen

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melihat kesiapan penyelenggaraan angkutan laut Natal dan Tahun Baru di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (12/12/2021). (Istimewa)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta semua otoritas laut terkait menyediakan vaksin Covid-19 bagi para penumpang kapal saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan juga meminta penumpang kapal difasilitasi tes Antigen gratis.

“Saya minta kepada Pelindo seluruh Indonesia, Pelni seluruh Indonesia, dan insan perhubungan, juga TNI-Polri menyediakan vaksin dan antigen secara gratis,” ujarnya saat memimpin Apel Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (12/12/2021).

Budi Karya menjelaskan, meskipun angka pengguna angkutan laut terbilang kecil secara persentase, jumlahnya mencapai dua juta orang. Bahkan, lanjutnyha, dapat lebih jumlahnya saat libur nasional.

Baca juga :   Kolaborasi Jadi Aspek Penting Wujudkan Angkutan Sungai dan Danau Yang Berkeselamatan

Oleh karena itu, Menhub meminta jajaran terkait melakukan perencanaan ulang terkait lonjakan penumpang, khususnya di Batam, Medan, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua.

“Memang jumlah penumpang laut yang kalau dari persentase sedikit, tapi kalau dari jumlah orang yang bergerak itu cukup mendekat dua juta orang. Jadi, lakukan re-planning tentang kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang di tempat tersebut,” tuturnya.

Menhub juga memperingatkan perlu ada pengamatan, karena perjalanan laut bisa memakan waktu dua hingga tujuh hari. Jika ditemukan gejala tertentu, dia meminta petugas memberikan pertolongan.

“Di atas kapal juga lakukan suatu pengamatan, karena perjalanan bisa dua hari, tiga hari, bisa satu minggu sehingga apa bila ditemui ada penumpang yang mengalami gejala tertentu, cepat dilakukan tindakan untuk memberikan pertolongan pada yang bersangkutan,” jelas Menhub. B

Baca juga :   Wajib Kawal Proyek Strategis Melalui Penerapan Manajemen Risiko