Penerbangan Perdana Perintis Korwil Gorontalo Resmi Beroperasi Hari Ini

Peresmian Penerbangan perdana perintis Korwil Gorontalo yang ditandai dengan upacara adat diikuti oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Utara Ismail Pakaya dan para pejabat terkait di Bandara Djalaluddin, Kabupaten Gorontalo, Minggu (18/2/2024). (dok. hubudkemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui BLU Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Djalaludin di Gorontalo telah memulai program Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 yang beroperasi di sembilan rute.

Kepala UPBU Gorontalo Joko Harjani menjelaskan, angkutan udara perintis di Koordinator Wilayah (Korwil) Gorontalo ini melayani sembilan rute, sebagai berikut :

  • Gorontalo – Pahuwato – Palu (pergi pulang/pp).
  • ⁠Gorontalo – Buol (pp).
  • ⁠Gorontalo – Bolmong – Manado (pp).
  • ⁠Manado – Siau – Naha – Miangas – Melonguane (pp).

Alhamdullilah, program angkutan udara perintis Korwil Gorontalo tahun 2024 dapat terlaksana pada hari ini,” ujar Joko pada saat seremonial penerbangan perdana rute Gorontalo – Pohuwato pada Minggu (18/2/2024).

Baca juga :   Aturan Perjalanan Internasional Terbaru Wajib Karantina Tujuh Hari dan Tes PCR

Hadir pada pelepasan penerbangan perdana perintis, yaitu Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, Forkopimda Provinsi Gorontalo, Wali Kota dan Bupati Gorontalo beserta jajaran pemerintah daerah.

Adapun Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) yang beroperasi melayani sembilan rute penerbangan perintis tersebut adalah maskapai Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air, menggunakan tipe pesawat DHC-6 Twin Otter dengan kapasitas maksimal 17 penumpang.

Menurut Joko, masyarakat Gorontalo, Palu dan Sulawesi Utara, terutama yang berada di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasan (3TP) sangat bersyukur dengan adanya penerbangan perintis ini, karena biasanya ke Manado hanya melalui kapal laut.

Sementara itu, terpisah Kepala Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah VIII Manado Ambar Suyoko berharap angkutan udara perintis ini dapat meningkatkan konektivitas antara Gorontalo dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Baca juga :   Pemerintah Optimistis Kolaborasi Yang Baik Pulihkan Penerbangan Di Indonesia

Jadi, dia menambahkan, angkutan udara perintis ini mempermudah aktivitas masyarakat dan menunjang pendidikan, perekonomian, kesehatan, serta bantuan kemanusiaan.

“Perintis ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Kita harus bersyukur Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk perintis di Korwil Gorontalo,” ungkap Ambar.

Manfaat yang tidak kalah penting terhadap program perintis ini adalah berperan untuk menurunkan disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah 3TP yang dilalui.

Lebih lanjut Ambar meminta agar para Kepala UPBU yang melayani rute perintis tersebut agar melakukan pengawasan untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan terpenuhi. B

Komentar