Pemkot Makassar Harap Perbankan Bantu UMKM Lorong Naik Kelas

Kegiatan SMES & Financing Expo 2024 dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra di Trans Studio Mall. (dok. makassarkota.go.id)

Kegiatan SMES & Financing Expo 2024 secara resmi digelar kembali dengan diinisiasi Dinas Koperasi dan UMKM Makassar dan dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Makassar Firman Hamid Pagarra di Trans Studio Mall, baru-baru ini.

Tujuan kegiatan ini untuk memberdayakan dan menumbuhkan iklim usaha yang mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta meberdayakan ekonomi dan produktivitas masyarakat.

Dalam sambutannya, Firman mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya Pemkot Makassar untuk membuka peluang UMKM yang sudah diinkubasi dan yang membutuhkan permodalan, karena kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh perbankan Kota Makassar.

“Tempat ini bisa menjadi peluang bagi UMKM karena bisa bertemu langsung oleh  lembaga pembiayaan dan perbankan, sekaligus bisa menjawab permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM,” ujarnya.

Baca juga :   Gerai Lengkong Membangun Kekuatan UMKM/IKM Tangerang Selatan

Dengan keterlibatan perbankan sebagai partner UMKM, lanjut Firman, dapat menjadi salah satu langkah strategis untuk membawa UMKM naik kelas dan meningkatkan kapasitas usahanya serta memberi ruang terhadap fasilitas kemitraan dan promosi produk.

Sesuai program strategis Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, yakni pemberdayaan UMKM di Lorong Wisata yang telah terbentuk sebanyak 2.000 Lorong.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Firman juga menyampaikan terkait adanya program prioritas dari pemerintah pusat yang diinisiasi langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya harap dengan tiga program prioritas itu perbankan bisa mengambil bagian dalam menyukseskan program tersebut kedepannya,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Makassar Kamelia menambahkan, kegiatan ini diisi oleh pelaku UMKM, lembaga perbankan dan koperasi sebanyak 35 booth.

“Ini salah satu upaya untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif, sekaligus peningkatan potensi bagi pelaku UMKM yang produktif, khususnya UMKM yang ada di lorong,” jelasnya.

Baca juga :   Pemkot Serang Siapkan Berbagai Program Atasi Stunting dan Kemiskinan

Kegiatan ini pula dirangkaikan dengan launching jingle dari Diskop dan UMKM yang bertemakan semangat pelaku UMKM untuk naik kelas dan bangga akan produknya sendiri.

Launching tersebut ditandai dengan scan product UMKM serentak dilayar LED yang dilakukan oleh Pj Sekda Makassar Firman Hamid Pagarra, Direktur Pengawasaan Lembaga Jasa Keuangan OJK Sulserabar Budi Susetiyo, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kamelia. B

Komentar