Pemkab Tangerang Sediakan Paket Sembako Murah untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang saat menggelar bazar sembako murah. (dok. tangerangkab.go.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar bazar murah dengan 800 paket sembako untuk ratusan kepala keluarga di Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Senin (6/3/2023).

Paket sembako tersebut berisi berbagai kebutuhan harian. Seperti tepung terigu, gula dan minyak goreng, dibanderol dengan harga Rp39.000 per paket, dari harga normal Rp85.000 per paket.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Resmiyati mengatakan, bazar sembako murah ini digelar untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, terutama pada kondisi saat ini.

“Bazar pangan murah di Kecamatan Jayanti ini untuk membantu menekan laju inflasi, lalu memberikan kemudahan kepada masyarakat menjelang Ramadan,” katanya.

Harga yang dijual pun sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi atau HET yang artinya telah sesuai dengan aturan pemerintah.

Baca juga :   Warga Sambut Antusias Senam Jantung Sehat Kayu Putih

“Kita juga sesuai HET-nya, dengan per paket itu Rp39.000, harga normal di pasaran bisa Rp85.000,” ungkapnya.

Kegiatan ini akan terus berlangsung selama bulan Ramadan, dengan nantinya Kecamatan Solear menjadi lokasi selanjutnya pelaksanaan bazar sembako murah.

“Selanjutnya di Kecamatan Solear, dengan 800 paket sembako juga yang akan disebar,” ujarnya.

Pada pelaksanaanya, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disperindag Kabupaten Tangerang Iskandar Nordat menambahkan, penjualan sembako murah menggunakan kupon yang bekerja sama dengan kecamatan dan desa.

“Tidak ada kategori apapun, semua masyarakat bisa beli atau dapat. Kita pun telah melakukan koordinasi dengan camat dan pihak desa,” jelasnya.

Dia menuturkan, selain dari upaya antisipasi inflasi harga bahan pokok menjelang Ramadan.

Baca juga :   BPTJ dan Pemprov DKI Jakarta Bahas Peningkatan Layanan Transportasi Massal di Jabodetabek

Kegiatan tersebut juga untuk menstimulasi daya beli konsumsi, meningkatkan aktivitas UMKM di wilayah Kabupaten Tangerang dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, untuk memperlancar distribusi  pokok sebagai kebutuhan mendasar masyarakat, seperti beras, terigu, gula, dan minyak goreng.

Sementara itu, Dewi, salah seorang warga setempat yang mendapatkan sembako murah mengaku terbantu dengan kegiatan pemerintah tersebut.

“Tentu terbantu sekali, bisa buat stok juga apalagi minyak sama gulanya. Saya harap kegiatan ini rutin dilakukan apalagi nanti di waktu puasa,” tuturnya. B

 

Komentar