Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi Tinjau Kesiapan Penerbangan Haji dan Umrah di Bandara Kertajati

Bandara Kertajati atau Bandara International Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka menerima kunjungan dari Otoritas Penerbangan Sipil atau General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada Selasa (6/12/2022).

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni mengatakan bahwa delegasi Arab Saudi yang berjumlah tujuh orang merupakan perwakilan dari Kementerian Transportasi dan Logistik Arab Saudi, GACA Arab Saudi, maskapai Saudi Airlines dan Flynas dipimpin oleh Hajj and Umroh Manager, Economic Policies and Air Transport GACA, Mr. Eng Mazen A. Bazahair.

“Mereka (Tim GACA) ingin melihat dan meninjau langsung kesiapan fasilitas Bandara Kertajati untuk penerbangan haji dan umrah,” katanya.

Peninjauan itu terutama memastikan kesiapan fasilitas di bandara, seperti office space, pengisian bahan bakar pesawat, layanan catering, akomodasi, dan manajemen penanganan bagasi.

Baca juga :   Indonesia Produksi Drone Berdaya Jelajah 250 Km

Selain itu, Tim GACA juga meninjau kesiapan asrama haji yang harus dipenuhi oleh Kementerian Agama apabila ada penerbangan haji.

“Tentunya fasilitas yang dibutuhkan untuk pelaksanaan penerbangan haji dan umrah di Bandara Kertajati harus sesuai dengan standar Tim GACA Arab Saudi,” jelasnya.

Sebelumnya pada November 2022, penerbangan umrah dari Bandara Kertajati ke Jeddah Arab Saudi telah dilaksanakan melalui maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air.

Hasil dari kunjungan tersebut terutama terkait fasilitas, pihak GACA dan operator akan melakukan diskusi internal terlebih dahulu, nantinya keputusan kunjungan tersebut akan disampaikan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Kunjungan Tim GACA disambut oleh perwakilan dari Ditjen Perhubungan Udara dan perwakilan dari Kementerian Agama, PT BIJB, Perum LPPNPI AirNav Indonesia, PT Pertamina, CIQ Bandara Kertajati, serta Balai Karantina.

Baca juga :   Direktur Keamanan Penerbangan Elfi Amir : Avsec Garda Terdepan Pelayanan Bandara

Maria Kristi berharap dengan adanya kunjungan Tim GACA Arab Saudi ini, dapat mendorong penerbangan umrah, haji dan penerbangan internasional dari dan ke Bandara Kertajati, sehingga masyarakat mempunyai pilihan maskapai lebih banyak untuk penerbangan internasional. B

Komentar