MXGP Samota 2022 Jadi Momentum Promosi Destinasi Wisata Olahraga

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama pada acara MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar, Minggu (26/6/2022). (kemenparekraf.go.id)
Bagikan

Pelaksanaan MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar merupakan momentum yang baik untuk mempromosikan Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai destinasi sports tourism (wisata olahraga) kelas dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara.

Sebelumnya, dia menambahkan, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra Selatan dan Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2019.

Event ini jadi upaya untuk mengangkat destinasi super prioritas di NTB sebagai destinasi kelas dunia untuk sports tourism, khususnya otorsport,” ujarnya saat mengunjungi MXGP 2022 di Sirkuit Motorcross Samota, Minggu (26/6/2022).

Baca juga :   Alirman Sori (Anggota DPD RI): Pariwisata & Ekonomi Sumbar Bangkit Di Tengah Pandemi

Menurut Sandiaga, Provinsi NTB telah menjadi lokasi dari sejumlah event balap sepeda motor bertaraf internasional, seperti MotoGP 2022 dan World Superbike 2021 yang diselenggarakan di Lombok.

Sandiaga menilai, hal ini menjadi bukti bahwa NTB sudah mendapat perhatian dunia internasional, khususnya di dunia motorsport.

Selain itu, MXGP 2022 ini juga diharapkan bisa menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19.

“Menurut saya ini tepat untuk kebangkitan membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” jelasnya.

Dalam kesempatan serupa, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengungkapkan di masa mendatang, MXGP juga akan digelar di Lombok.

“Mudah-mudahan kita bisa menggelar event selanjutnya tidak hanya di Sumbawa, tapi juga di Lombok sebagai bagian untuk memajukan sektor pariwisata di NTB,” katanya.

Baca juga :   Kemenparekraf Luncurkan Carbon Footprint

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan NTB sebagai tuan rumah dari MXGP 2022.

“Semoga prestasi ini bisa menjadi kesempatan untuk memajukan perekonomian masyarakat NTB,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi Kemenparekraf Irjen Pol Krisnandi dan Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenpareraf/Baparekraf Dessy Ruhati. B

Komentar

Bagikan