Lima Bandara AP II Siap Layani Keberangkatan Jamaah Haji Mulai 4 Juni 2022

Bagikan

PT Angkasa Pura II (Persero) siap melayani keberangkatan jamaah haji mulai 4 Juni 2022 melalui lima bandara.

Bandara-bandara dibawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (AP II) yang ditetapkan menjadi embarkasi penerbangan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Minangkabau (Padang).

Menurut President Director AP II Muhammad Awaluddin, koordinasi telah dilakukan AP II bersama Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI dan Polri, AirNav Indonesia, serta maskapai penerbangan.

“Koordinasi itu dimaksudkan agar keberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik, mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II,” ujarnya.

Kelima bandara AP II tersebut, lanjut Awaluddin, akan melayani keberangkatan sebanyak 41.713 orang jamaah haji di dalam 106 kloter.

Awaluddin menjelaskan, fasilitas bandara sudah siap termasuk sisi udara dan keamanan mencakup runway, taxiway, apron, baggage make up area, garbarata hingga x-ray untuk pengecekan keamanan, walkthrough metal detector, handheld metal detector, termasuk juga pengaturan slot time penerbangan haji.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Hadirkan Fasilitas Untuk UMKM Dan PKL Di Bandara Lombok

“Penerbangan haji juga akan mendukung pemulihan sektor penerbangan secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara embarkasi dengan jumlah jemaah haji paling banyak yakni 29.221 orang jemaah haji dari DKI Jakarta, Jawa Barat Banten dan Lampung yang tergabung di dalam 73 kloter.

Proses keberangkatan dilakukan sejak di Asrama Haji Pondok Gede, Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Lampung.

Pada setiap asrama, jamaah haji menjalani proses keimigrasian, kesehatan dan pengecekan keamanan antara lain oleh Aviation Security.

Untuk setiap bagasi jamaah haji dilakukan proses Bea dan Cukai, serta pengecekan keamanan oleh Aviation Security.

“Proses keberangkatan, termasuk security check point untuk keberangkatan jamaah melalui Bandara Soekarno-Hatta dilakukan di asrama haji, didukung perlengkapan, fasilitas dan personel AP II,” kata Awaluddin.

Bandara Kualanamu melayani keberangkatan jamaah haji dari Sumatera Utara sebanyak 10 kloter dengan jumlah 3.854 orang jamaah haji.

Baca juga :   Bandara SAMS Sepinggan Raih Penghargaan “The ACI Director General’s Roll Of Excellence In Airport Service Quality”

Proses keberangkatan termasuk keimigrasian dan keamanan dijalani di asrama haji, lalu jamaah dengan bus menuju sisi udara untuk naik pesawat.

Bandara Minangkabau melayani keberangkatan jamaah haji dari Sumatera Barat dan Bengkulu sebanyak 2.883 orang jamaah haji di dalam delapan kloter.

Proses keberangkatan jamaah termasuk keimigrasian dan keamanan dilakukan di asrama haji, sedangkan proses pemeriksaan bagasi penumpang di Terminal Kargo Bandara Minangkabau.

Di Bandara Sultan Iskandar Muda melayani keberangkatan enam kloter dengan 2.023 orang jamaah haji.

Proses keberangkatan termasuk keimigrasian dan keamanan dilakukan di asmara haji untuk kemudian jamaah dengan bus menuju sisi udara bandara.

Untuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II melayani keberangkatan 3.732 orang jamaah haji asal Sumatra Selatan dan Bangka di dalam sembilan kloter.

Di asrama haji, jamaah menjalani proses keberangkatan, termasuk keimigrasian dan keamanan lalu dengan bus menuju sisi udara. B

Komentar

Bagikan