KSOP Cirebon Raih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Saat penyerahan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari Lyoyd's Registered Quality Assurance (LRQA), Rabu (17/5/2023). (dok. kemenhub)

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Cirebon berhasil meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari Lyoyd’s Registered Quality Assurance (LRQA), Rabu (17/5/2023).

Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ini diperoleh oleh Kantor KSOP Kelas II Cirebon setelah menjalani audit kinerja yang dilaksanakan oleh LQRA yang membuktikan bahwa kualitas pelayanan, manajemen mutu, kinerja dan efisiensi pekerjaan yang dilakukan saat ini sudah berjalan dengan baik.

Atas pencapaian tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan menyampaikan apresiasi kepada KSOP Kelas II Cirebon atas keberhasilan meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

“Untuk capaian tersebut saya menyampaikan apresiasi kepada KSOP Kelas II Cirebon telah mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015,” ujar Lollan.

Dia mengapresiasi KSOP Kelas II Cirebon karena meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 merupakan inisasi sendiri dari Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon.

Ke depan, Lollan berharap kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) dapat melecut UPT lain untuk dapat melakukan hal serupa, sehingga pelayanan jasa kepelabuhanan memiliki standar mutu yang baik.

Baca juga :   Kemenhub Knowledge Sharing Dengan Departemen Perhubungan Amerika Serikat

“Raihan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari LQRA ini merupakan inisiasi sendiri dari KSOP Kelas II Cirebon saya mengapresiasi juga akan langkah tersebut, untuk UPT-UPT lain saya harap dapat terlecut dengan capaian dari KSOP Kelas II Cirebon ini sehingga pelayanan jasa kepelabuhanan memiliki standar mutu yang baik,” kata Lollan.

Dia mengatakan, penyelenggaraan ISO 9001:2015 di Kantor KSOP Kelas II Cirebon merupakan bukti implementasi pengembangan mutu kinerja pegawai dan pengembangan pelayanan di Kantor KSOP Kelas II Cirebon, serta sebagai bukti bahwa Kantor KSOP Kelas II Cirebon memiliki semangat responsif.

“Ini merupakan langkah dimana KSOP Kelas II Cirebon memiliki semangat untuk maju, kedepan saya harap KSOP Kelas II Cirebon jangan berpuas diri atas capaian ini melainkan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Lollan.

Sementara itu, Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon Aries Wibowo mengatakan, ISO 9001:2015 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu, yang berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu yang mengarahkan organisasi untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian sasaran termasuk diantaranya adalah kepuasan pelanggan, kesesuaian dengan peraturan dan perundang-undangan, serta peningkatan mutu yang berkesinambungan.

Baca juga :   Kemenhub Dorong Penyelesaian Proyek Pengembangan Stasiun Tanah Abang

“Kantor KSOP Kelas II Cirebon telah memperoleh Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari LRQA dengan ruang lingkup sertifikasi penyediaan aspek administratif yang terkait dengan kegiatan pelayanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan,” ungkapnya.

Aries menambahkan, Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015  melalui proses audit yang dilaksanakan oleh LRQA Indonesia melalui dua tahapan, yaitu    pada 24 Maret 2023 dan pada 13-14 April 2023.

Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada Kantor KSOP Kelas II Cirebon diperoleh atas berkat dukungan dari seluruh unsur yang ada di Pelabuhan Cirebon dan komitmen seluruh pegawai Kantor KSOP Kelas II Cirebon.

“Untuk itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas kerjasama dan dukungannya, dengan diperolehnya sertifikasi ini diharapkan juga akan  mendorong KSOP Kelas II Cirebon untuk terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa di tengah-tengah dinamisnya permintaan dan kebutuhan yang semakin kompleks,” tutur Aries. B

 

Komentar