Kemenparekraf Rancang Festival Olahraga Nasional dan Internasional Bangkitkan Sport Tourism Indonesia

Membangkitkan sport tourism di Indonesia. (Istimewa)
Bagikan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) tengah merancang festival olahraga, baik tingkat nasional maupun internasional sebagai upaya membangkitkan sport tourism di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendapat tugas untuk membuat festival olahraga tersebut.

Hal itu sesuai arahan Wakil Presiden H Maaruf Amin dalam rapat terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di Istana Wapres Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Menurut Sandiaga, festival yang dirancang nanti wajib meningkatkan daya tarik wisatawan, menggerakkan ekonomi nasional, dan mampu membuka potensi lapangan pekerjaan.

“Kami tidak ingin festival hanya untuk masyarakat sekitar, tapi juga untuk wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara,” ujarnya saat Weekly Press Briefing yang digelar secara hybrid dari Pendopo Bupati Sragen, Selasa siang (17/5/2022).

Baca juga :   Kemenparekraf Dorong Peningkatan Kualitas Desa Wisata

Nantinya, Sandiaga menambahkan, perhelatan ini akan dirancang festivalnya, juga untuk menggerakkan ekonomi nasional.

“Jadi, mereka tidak hanya lari dan sepedaan tapi juga beli produk kreatif lokal. Misalnya, baju yang saya kenakan ini Batik Sukowati dari Sragen dan Sarung Goyor,” jelasnya.

Sandiaga akan mendorong masyarakat Indonesia agar “demam” berolahraga, sehingga dapat turut serta dalam mengembangkan olahraga rekreasi menjadi olahraga prestasi.

“Olahraga rekreasi ini kita harapkan akan terjaring talenta para atlet di berbagai cabang olahraga untuk olahraga prestasi. Ini sejalan dengan desain besar olahraga nasional,” ungkapnya.

Kemenparekraf juga telah mendukung berbagai penyelenggaraan event olahraga yang dibalut dengan pariwisata (sport tourism).

Setidaknya ada ada event sport tourism yang akan digelar, mulai dari Borobudur Marathon 2022, Audax (lomba sepeda jarak jauh 200km hingga 600 km) yang digelar di beberapa kota, seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, dan Bandung.

Baca juga :   Indonesia Pimpin Pertemuan Kelompok Kerja Transportasi ASEAN Ke-42

Kemudian, ada Ocean Man 2022, yakni sebuah ajang kompetisi berenang di perairan Pantai Muaya di Bali, yang akan dilaksanakan pada Juli 2022.

Ada juga, Samosir Lake Toba Ultra yang digelar pada 17 September 2022, Belitung Triathlon, serta yang akan berlangsung dalam skala besar, yaitu FIBA Asia Cup atau Kejuaraan Konfederasi Basket Asia (12-24 Juli 2022) dan juga World Superbike (11-23 November 2022). B

 

Komentar

Bagikan