Kemenparekraf Dukung Pengembangan Wisata Berbasis Komunitas

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno tengah mencoba membuat gula kelapa saat kunjungan ke Desa Wisata Semen Blitar, Jawa Timur, Rabu (29/6/2022). (kemenparekraf.go.id)
Bagikan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung pengembangan wisata berbasis komunitas, seperti di Desa Wisata Semen, Blitar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pihaknya mengapresiasi Desa Wisata Semen Blitar yang masuk ke dalam 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Saya mengapresiasi para warga di sini bahwa Desa Wisata Semen Blitar ini dikerjakan oleh komunitas dan ini banyak peluangnya yang menciptkan lapangan kerja,” ujarnya saat mengunjungi Desa Wisata Semen Blitar, Rabu (29/6/2022).

Desa Wisata Semen yang berada di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur ini dikelola oleh para pemuda dengan mengedepankan pariwisata berbasis kearifan lokal.

Baca juga :   Kunjungan Wisman Melonjak 499,01% Pada April 2022

“Ini kebangkitan kita semua. Saya tadi melihat desa wisatanya dikelola dengan baik. Ada outbond, warga juga mengelola sampah menjadi sesuatu yang berkah. Saya ingin desa wisata ini tetap terus menggali potensi yang ada,” jelasnya.

Di Desa Wisata Semen Blitar, wisatawan dapat menikmati keindahan Air Terjun Kucur Watu, tempat ini juga sering digunakan masyarakat umat Hindu sebagai air suci.

Ada juga Kawasan Wisata Ekologi (KWE) Puspa Jagad, yang merupakan wisata ekologi pertama yang ada di Blitar.

Desa ini juga memiliki destinasi Puncak Sekawan, yang di mana kawasan hutan yang dulunya aktif dimanfaatkan sebagai tempat produksi getah pinus.

Kini KWE sukses dibangun oleh Kelompok Sadar Wisata menjadi jalur hiking dan cycling, camping ground, serta spot foto untuk wisatawan pecinta alam.

Baca juga :   Bank Dunia Akan Bantu Bangun Kapal Ro-Ro

Untuk kulinernya, desa wisata ini terkenal dengan gula kelapa, olahan dari nanas, keripik dari buah, sedangkan untuk keseniannya, Desa Wisata Semen memiliki Langan Beksan, Jaranan Dor, Rampak Barong.

Sementara itu, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menparekraf ke Desa Wisata Semen Blitar. Menurutnya, kehadiran Menparekraf membangkitkan semangat pelaku parekraf Blitar.

“Terima kasih Pak Menteri telah meluangkan waktu untuk hadir, semoga Desa Wisata Sleman Blitar bisa selalu dikenang dengan baik,” ungkapnya.

Kepala BCA KCU Blitar Agus Setyo Budiman menyampaikan bahwa BCA akan siap mendukung Desa Wisata Sleman untuk terus berkembang, yakni dengan melakukan pendampingan hingga pelatihan.

“Mudah-mudahan dengan bekerja sama dengan BCA, desanya semakin maju, ekonominya makin baik,” tuturnya. B


Bagikan