Kemenhub Berikan Penghargaan Railways Safety Award 2022 Untuk Pertama Kali

Pemberian penghargaan Railways Safety Award Tahun 2022. (dok. bandara)
Bagikan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) c.q. Direktorat Jenderal Perkeretaapian memberikan penghargaan kepada daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang telah memiliki andil besar dalam keselamatan perkeretaapian, pada Rabu (16/112022).

“Sudah saatnya kita memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada daerah, yang telah mendukung program keselamatan perkeretaapian,” ujar Direktur Keselamatan Edi Nursalam dalam sambutannya.

Penghargaan yang bertema Raiwalys Safety Awards 2022 ini merupakan hasil penilaian dari para pakar dan ahli transportasi yang telah menilai peran serta pemerintah daerah (pemda) dalam mendukung peningkatan keselamatan di Indonesia, khususnya melalui penataan dan pengelolaan perlintasan sebidang.

“Tentu kegiatan ini memiliki proses dan penilaian yang panjang, kami melihat banyak pemda yang telah memiliki awareness terhadap keselamatan di perlintasan sebidang, melalui berbagai program yang telah dilaksanakan,” kata Ketua Tim Penilai Djoko Setijowarno, yang juga Pakar Transportasi Darat dan Perkeretaapian.

Dalam penghargaan Railways Safety Award Tahun 2022 ini, Ditjen Perkeretaapian menganugerahkan Anubawa Tama Sakatha Nirmala kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai juara 3, Kabupaten Kendal sebagai juara 2, dan Kabupaten Blitar sebagai juara 1 untuk kategori kabupaten/kota.

Baca juga :   Menhub Tinjau Langsung Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati

Sementara itu, untuk kategori Provinsi juara 3 diraih oleh Provinsi Jawa Timur, juara 2 diraih oleh Provinsi Banten dan juara 1 diraih oleh Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, Ditjen Perkeretaapian juga memberikan sertifikat apresiasi kepada sembilan kabupaten/kota, yaitu Sukoharjo, Magetan, Muara Enim, Serang, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kebumen, Serang, dan Purworejo, serta plakat apresiasi kepada Provinsi Sumatra Barat, Kota Padang, Kabupaten Batu Bara, Sidoarjo, Bojonegoro, dan Lamongan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kota Padang, Sumatra Barat ini dihadiri oleh seluruh perwakilan para nominasi dan pemenang, serta Balai Teknik di Lingkungan Ditjen Perkeretaapian.

Sumatra Barat menjadi tuan rumah sebagai wujud apresiasi dan percontohan oleh Ditjen Perkeretaapian atas program peningkatan yang telah berjalan.

Baca juga :   Indonesia dan Korsel Bahas Kerja Sama Transoprtasi

Pada kesempatan ini, Edi Nursalam juga memberikan apresiasi kepada tujuh Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) atas usahanya dalam penyelenggaraan perkeretaapian yang berkeselamatan, salah satunya BTP Sumatra Bagian Barat

“Kami bangga dan senang bahwa Sumbar dipilih sebagai tuan rumah. Tentu dengan penghargaan ini, diharapkan nantinya program keselamatan di kita akan semakin baik, serta awareness masyarakat terkait keselamatan di perlintasan semakin meningkat,” tutur Supandi, Kepala BTP Sumatra Bagian Barat.

Railways Safety Awards ini merupakan wujud terima kasih Ditjen Perkeretaapian kepada pemda, yang ditujukan untuk meningkatkan keselamatan perkeretaapian.

Dampak dari kecelakaan kereta api di Indonesia cukup besar, tentu hal ini menjadi perhatian Ditjen Perkeretaapian yang melibatkan dan bekerja sama dengan pemda.

“Pekerjaan kita untuk ikut meningkatkan keselamatan perkeretaapian mencegah untuk orang tidak terbunuh. Ini tugas mulia bahwa kita menyelamatkan nyawa orang lain,” tegas Edi Nursalam. B

Komentar

Bagikan