KAI Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Railways CEO’s Conference ke-44

Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan courtesy visit ke beberapa negara. (dok. kai.id)

Indonesia akan menjadi tuan rumah 44th ASEAN Railways CEO’s Conference (ARCEO’s Conference) yang akan dilaksanakan pada 2 – 6 September 2024.

ARCEO’s Conference merupakan agenda tahunan pertemuan dari delapan operator kereta api (KA) di kawasan ASEAN dan observer dari perusahaan yang terkait perkeretaapian.

Kedelapan perusahaan operator kereta api tersebut adalah Kereta Api Tanah Melayu Berhad Malaysia (KTMB), State Railways Of Thailand (SRT), Vietnam Railways (VNR), Ministry of Public Works and Transport Railway Department  (Cambodia), Lao National Railway (LNR), Myanma Railways (MR), Philippine National Railways (PNR), dan Kereta Api Indonesia (KAI).

Perusahaan KAI berkomitmen menyiapkan kegiatan tersebut dengan baik sebagai penyelenggara ARCEO’s Conference ke 44, salah satunya dengan telah dilaksanakan courtesy visit ke seluruh negara peserta ASEAN Railway sebagai rangkaian persiapan 44th ARCEO’s Conference.

Langkah tersebut untuk mempererat hubungan antarperusahaan perkeretaapian di negara negara kawasan Asia Tenggara.

Courtesy visit ke Hanoi, Vientiane, Manila, Yangon, Bangkok, Malaysia, dan Cambodia dilaksanakan secara bertahap pada 3 – 22 Juni 2024 oleh seluruh Direksi KAI didampingi Panitia ARCEO  melakukan kunjungan ke head office operator KA, technical visit ke stasiun untuk studi banding dan kunjungan ke KBRI.

Baca juga :   Menhub Hadiri Pertemuan Pemimpin Transportasi se-ASEAN di Laos

Kunjungan ini sekaligus membicarakan potensik kerja sama dan kebutuhan sharing knowledge antaroperator untuk perkembangan perkeretaapian di Asia Tenggara.

Juru bicara ARCEO untuk KAI, Anne menyatakan courtesy visit disambut baik oleh setiap operator kereta setiap Negara, bahkan sekretaris Menteri Cambodia menerima dengan baik dan memaparkan rencana jangka panjang dalam pengembangan perkeretaapian di Cambodia.

“Kami juga secara langsung memberikan undangan 44th ARCEO’s Conference dan menyampaikan agenda yang akan dilaksanakan selama ARCEO’s Conference berlangsung,” jelasnya.

Adapun tema yang diusung dalam 44th ARCEO’s Conference yaitu Driving Sustainability with Digital Innovation.

Tema ini mendukung perkembangan perkeretaapian yang berkelanjutan berwawasan lingkungan didukung transformasi digital dalam keselamatan dan pelayanan ke depan.

Baca juga :   Kemenhub Terbitkan Aturan Baru Perjalanan Dalam Negeri Dengan Transportasi Laut

Operator Kereta di kawasan ASEAN sangat antusias untuk menghadiri 44th ARCEO’s Conference di Indonesia.

Pada kunjungan ke KBRI, dimaksudkan juga guna membangun silaturahmi dan meminta dukungan secara diplomatik untuk kesuksesan acara 44th ARCEO’s Conference di Indonesia.

“KAI menjadikan momen ini bukan hanya forum diskusi berbagai aspek teknis maupun perkembangan perkeretaapian di ASEAN, tetapi mengajak kerja sama dalam perkembangan perkeretaapian di ASEAN,” ungkapnya.

Delegasi juga akan diberikan experience dari Indonesia di antaranya menaiki Kereta Cepat pertama di ASEAN Whoosh dan KA Panoramic.

Selain itu, kita akan memperkenalkan budaya Indonesia dan mengajak Delegasi mendukung program lingkungan dengan penanaman pohon di stasiun kereta sebagai komitmen dukungan menjaga lingkungan.

”Kami berharap, tema utama ARCEO’s Conference, yakni Driving Sustainability with Digital Innovation bisa terwujud dan memberikan dampak positif bagi seluruh pihak dalam perkembangan perkeretaapian ASEAN ke depan,” tutur Anne. B

Komentar