KAI Operasikan KA Tambahan Natal dan Tahun Baru 2022/2023

Penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta. (dok. kai.id)
Bagikan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan kereta api untuk melayani masyarakat pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

KAI mengoperasikan 56 Kereta Api (KA) Tambahan untuk periode keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Tiket KA Tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai 22 November melalui aplikasi KAI Access, web kai.id dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, total KAI menambah 513.348 tempat duduk atau rata-rata 28.519 tempat duduk per hari.

KA Tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit, seperti Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Bandung-Purwokerto pp, Yogyakarta-Surabaya pp, dan lainnya.

“Kereta tambahan pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru ini agar pelanggan lebih leluasa dalam memilih jadwal keberangkatan dari jauh-jauh hari,” ujarnya.

Hadirnya KA Tambahan tersebut menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru ini, serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Joni.

Baca juga :   Kemenhub Siapkan Bandara dan Terminal Barang di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Beberapa KA Tambahan di antaranya KA Argo Chirebon dari Gambir-Cirebon pp, KA Argo Dwipangga Tambahan dari Balapan Solo-Gambir pp, KA Argo Muria Tambahan dari Semarang Tawang-Gambir pp, KA Argo Parahiyangan Tambahan dari Gambir-Kiaracondong pp, dan KA Argo Sindoro Tambahan dari Gambir-Surabaya Gubeng pp.

Ada juga KA Arjuna Ekspres dari Surabaya Gubeng-Malang pp, KA Baturraden Ekspress dari Purwokerto-Bandung pp, KA Blambangan Ekspress dri Ketapang-Surabaya Pasar Turi-Semarang pp, KA Bogowonto dari Lembupayangan-Pasar Senen pp, dan KA Brantas Tambahan dari Blitar-Pasar Senen pp.

Demikian juga, KA Senja Utama YK dari Pasar Snene-Yogyakarta pp, KA Gajayana Tambahan dari Malang-Gambir pp dan KA Jaka Tingkir dari Purwosari-Pasar Senen pp.

Sementara itu, penjualan tiket kereta api reguler Nataru saat ini masih tersedia.

Baca juga :   Syarat Pelaku Perjalanan di Dalam Negeri Masih Sama Selama PPKM Diperpanjang

Sejak dibuka pada 7 November 2022, tiket KA Jarak Jauh pada masa Nataru yang telah dijual sampai dengan 22 November 2022 adalah sebanyak 184.821 tiket.

Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia.

Pada masa Nataru ini, KAI menjual tiket mulai H-45 Keberangkatan.

KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

Untuk menggunakan Kereta Api Jarak Jauh, pelanggan berusia 18 tahun ke atas harus telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) dan pelanggan usia 6 tahun hingga 17 tahun telah vaksin kedua, sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022. B

 

Komentar

Bagikan