KAI Mulai Jual Tiket Kereta Panoramic

Kereta Api (KA) Panoramic yang dirangkaikan pada perjalanan Kereta Api (KA) Taksaka Tambahan dengan rute Stasiun Gambir ke Stasiun Yogyakarta pulang-pergi (pp). (dok. kai.id)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai melakukan soft launching Kereta Panoramic pada 24 Desember 2022 yang dirangkaikan pada perjalanan Kereta Api (KA) Taksaka Tambahan dengan rute Stasiun Gambir ke Stasiun Yogyakarta pulang-pergi (pp).

Penjualan tiket tersebut dilakukan, menyusul tingginya minat masyarakat untuk bepergian pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Bahkan, KAI melakukan penambahan tempat duduk khusu​s​nya pada rute favorit, seperti dari Jakarta menuju ke Yogyakarta pp.

KA Taksaka Tambahan dengan Kereta​ ​Panoramic ini akan beroperasi pada 24 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023. Secara rinci adalah sebagai berikut:
1. KA 7011C keberangkatan Yogyakarta jam 21.40 WIB dan tiba di Gambir jam 05.33 WIB.
2. KA 7012C keberangkatan Gambir jam 10.40 WIB dan tiba di Yogyakarta jam 18.39 WIB.
3. KA 7025B keberangkatan Yogyakarta jam 12.00 WIB dan tiba di Gambir jam 19.30 WIB.
4. KA 7026B keberangkatan Gambir jam 23.45 WIB dan tiba di Yogyakarta jam 07.50 WIB.

Baca juga :   Ditjen Hubdat Optimalkan Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau, serta Pelabuhan Penyeberangan di Danau Toba

Pada setiap perjalanan KA Taksaka Tambahan tersebut, KAI akan mengoperasikan satu Kereta​ ​Panoramic dengan kapasitas 46 tempat duduk.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dalam rangka memperkenalkan Kereta Panoramic, KAI memberikan promo berupa diskon tarif untuk pembelian tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic.

Selama masa promo, tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic dijual mulai dari Rp750.000, dengan kuota tiket promo terbatas.

“Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan,” jelas Joni.

Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

Tak hanya itu, fasilitas pada Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman dan dapat diputar menghadap jendela, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, serta rak bagasi khusus di ujung kereta.

Baca juga :   Kemenhub Terus Kembangkan Angkutan Massal Perkotaan Ramah Lingkungan

Para pelanggan Kereta Panoramic juga mendapat layanan khusus berupa snack, makanan, minuman dan selimut secara cuma-cuma.

Saat ini, KAI memiliki total dua unit Kereta Panoramic yang merupakan inovasi dari Balai Yasa KAI Surabaya Gubeng.

Ke depan tidak menutup kemungkinan KAI akan menambahkan Kereta Panoramic pada berbagai rangkaian dan KAI akan terus melakukan perbaikan-perbaikan sarana kereta penumpang lainnya, sehingga pelanggan menjadi lebih nyaman selama dalam perjalanan.

“Kereta Panoramic merupakan bentuk inovasi KAI untuk meningkatkan layanan khususnya pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru ini. Masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan pelayanannya,” jelas Joni. B

Komentar