KAI Layani 154.000 Pelanggan KA Jarak Jauh Pada Puncak Libur Natal 2022

Penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta. (dok. kai.id)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat puncak libur Natal 2022 menggunakan Kereta Api (KA) Jarak Jauh terjadi pada H-2 Libur Natal atau Jumat (23/12/2022).

Pada tanggal tersebut, terdapat 154.920 orang yang berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari berbagai tujuan untuk berlibur ataupun pulang ke kampung halaman.

Jumlah pelanggan tersebut okupansinya mencapai 114%, dengan KAI pada 23 Desember menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk KA Jarak Jauh.

Untuk melayani pelanggan pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 236 KA Jarak Jauh.

Volume pelanggan KA Jarak Jauh tersebut meningkat 21% dibandingkan dengan keberangkatan 22 Desember dimana KAI melayani 128.224 pelanggan KA Jarak Jauh.

Selanjutnya pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023.

Sampai dengan saat ini berdasarkan data penjualan maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada 1-2 Januari 2023.

Mayoritas pelanggan KA Jarak Jauh melakukan perjalanan pada puncak libur Natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya.

Baca juga :   Syarat Naik KA Terbaru Mulai 19 Desember 2022

Rinciannya, terdapat 17.000 pelanggan KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, 11.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Bandung, 10.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Pasar Turi.

Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut, yaitu Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Bandung, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Purwokerto, Bandung-Jakarta, Bandung-Surabaya, Surabaya-Yogyakarta, dan lainnya.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI.

Dia menilai seluruh pelanggan juga tertib dan mematuhi protokol kesehatan selama menggunakan layanan KAI.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru ini untuk merencanakan perjalanan dengan baik, karena ketersediaan tiket masih cukup banyak,” ujar Joni.

Menurutnya, tipikal pelanggan sekarang ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati tanggal keberangkatan, seperti pada H-2, H-1, bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan.

Baca juga :   Monitoring Jumlah Penumpang Angkutan Nataru di Pelabuhan dan Bandara Manokwari Alami Lonjakan

Joni mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket kereta api di aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

KAI secara disiplin mengimplementasikan protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan pemerintah berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022.

KAI konsiaten menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer yang memadai, pengukuran suhu tubuh, pembagian masker gratis, dan melaksanakan vaksinasi di stasiun-stasiun dan klinik kesehatan kerja sama dengan TNI/Polri dan Dinas Kesehatan.

Secara umum, total tiket KA Jarak Jauh yang disediakan pada periode Natal dan Tahun Baru 2023 (22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023), yaitu sebanyak 2,4 juta tempat duduk.

Tiket KA Jarak Jauh pada masa Nataru yang telah terjual sampai dengan 24 Desember 2022 adalah sebanyak 1,1 juta tiket.

Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. B

 

 

 

Komentar