KAI Commuter Atur Pelayanan di Stasiun Bekasi dan Stasiun Duri

Stasiun Bekasi, Jawa Barat. (dok. krl.co.id)
Bagikan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter meningkatkan pelayanan kepada penggunanya dengan memberlakukan 82 stasiun menjadi Stasiun Uang Elektronik.

Dengan pengoperasian tersebut, saat ini seluruh stasiun Commuterline telah menjadi Stasiun Uang Elektronik yang hanya akan melayani transaksi pebayaran tiket menggunakan KMT, Kartu Uang Elektronik Bank atau menggunakan pembayaran dengan QR Code.

Pengoperasian Stasiun Uang Elektronik ini juga merupakan kontribusi KAI Commuter dalam mendukung pemerintah mewujudkan program cashless society atau masyarakat yang bertransaksi menggunakan uang dalam bentuk non-tunai.

Budaya transaksi secara non-tunai di sektor transportasi, khususnya Commuterline akan mendorong perubahan budaya masyarakat secara umum karena besarnya jumlah pengguna.

Untuk pengaturan flow penguna Commuterline di Stasiun Bekasi, KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta bersama DJKA membuka akses keluar masuk stasiun Bekasi pada bangunan baru Hall Utara mulai Jumat (2/9/2022).

Baca juga :   Ditjen Perhubungan Udara Siap Hadapi Audit ICAO USOAP

Mengingat masih dalam tahap penyelesaian akhir dan tahap pelengkapan fasilitas penunjangnya, dibukanya akses ini sebagai uji coba pengaturan flow pengguna yang akan masuk dan keluar dari arah sisi Utara stasiun.

Akses pada sisi Utara ini juga sebagai antisipasi keselamatan pengguna dan alternatif jalur akses keluar masuk stasiun dari sisi Timur arah Jalan Perjuangan.

Sebelumnya, pengguna dari sisi Timur arah Jalan Perjuangan yang akan masuk Stasiun Bekasi harus melewati akses pintu masuk sementara di sisi utara.

Pengguna selanjutnya menuju lantai dua gedung baru stasiun yang terletak di sisi selatan untuk melakukan tap di gate elektronik dan turun kembali menuju peron untuk menunggu keberangkatan kereta.

Di lokasi yang lain sehubungan dengan pembukaan akses sisi Barat dan penataan kawasan sekitar Stasiun Duri, Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta juga melakukan ujicoba rekayasa lalu lintas jalan raya yang akan menuju Stasiun Duri.

Baca juga :   Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dipasang

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan uji coba lalu lintas jalan raya dengan menggunakan sistem satu arah di beberapa ruas jalan untuk menuju stasiun mulai 1-8 September 2022.

Dengan diberlakukan sistem satu arah tersebut, KAI Commuter mengimbau untuk perhatikan marka-marka jalan raya yang ada di kawasan Stasiun Duri.

KAI Commuter juga mengimbau untuk kepada pengguna Commuterline yang akan naik dan turun di Stasiun Duri untuk meyiapkan waktu tambahan sebagai antisipasi dari penyesuaiana lalu lintas jalan raya di sekitar kawasan tersebut. B

 

Komentar

Bagikan