ITDC Sambut Peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit

0
11
Pertamina Mandalika International Street Circuit. (Istimewa)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika menyambut gembira kehadiran Presiden Joko Widodo di The Mandalika untuk meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Jumat (12/11/2021).

Peresmian tersebut sekaligus kado yang istimewa perayaan empat tahun operasional KEK Mandalika dan perayaan hari jadi ITDC ke-48 yang jatuh pada 12 November 2021.

Pada Instagram @forumbumn pada Sabtu (13/11/2021) menyebutkan, selama empat tahun KEK Mandalika beroperasi, telah banyak capaian yang telah diperoleh oleh ITDC.

Salah satu capaian penting kami adalah kami telah berhasil merampungkan pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang akan menjadi venue event balap motor berkelas internasional MOTUL FIM Superbike-World Championship (WSBK) Indonesia 2021 pada 19-21 november 2021.

Baca juga :   Mengenang Tsunami Aceh Dengan Mengunjungi Museum

Pembangunan sirkuit ini juga dilakukan dengan cepat yaitu memakan waktu hanya 14 bulan, tapi tetap memiliki kualitas lintasan serta keselamatan sesuai dengan prasyarat yang diminta oleh Dorna Sport dan FIM.

Dengan peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit ini, ITDC semakin optimistis untuk menyambut penyelenggaraan sejumlah agenda balap motor internasional yang akan berlangsung tahun depan antara lain tes pra musim MotoGP pada Februari 2022 dan MotoGP 2022 pada Maret 2022.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika yang terletak di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jokowi menuturkan, dengan diresmikannya sirkuit tersebut, berbagai ajang kelas dunia siap digelar. “Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 km, teknologi aspal terbaru, Stone Mastic Asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan,” ujar presiden.

Baca juga :   Menparekraf Apresiasi Desa Wisata Pujon Kidul Jatim Mampu Sejahterakan Warga

Menurut Jokowi, semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi diselenggarakan, yakni World Superbike 2021 dan dilanjutkan pada Maret 2022 dengan MotoGP.

Presiden Jokowi juga meresmikan jalan by pass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika.

Jalan sepanjang 17,3 km ini telah siap digunakan dan akan memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika. B


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here